5 Jenis Penyakit Pada Anak yang Paling Umum Menyerang

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan balita lebih rentan terkena serangan penyakit pada anak. Keadaan geografis di Indonesia yang memang berada di daerah tropis menjadikan variasi mikrooranisme penyebab utama penyakit pada anak lebih beragam. Bahkan untuk mengatasinya, di butuhkan pengetahuan terhadap beberapa penyakit yang memang bisa menyerang si kecil.

Mungkin beberapa jenis penyakit pada bayi dan balita umumnya dianggap penyakit yang ringan dan biasa, namun Anda sebagai orangtua tetap harus waspada. Mengapa? Karena penyakit yang ringan terhadap orang dewasa bisa menyebabkan dampak yang sangat bahaya jika menyerang si kecil.

Lantas, penyakit apa sajakah yang kerap kali menyerang si kecil? Berikut ini beberapa jenis penyakit umum yang kerap kali menyerang bayi juga balita, yaitu sebagai berikut:

  1. Diare

Berdasarkan ungkapan dari para ahli kesehatan anak, diare merupakan salah stau problem kesehatan yang memang paling sering terjadi pada anak balita juga bayi. Mengapa? Penting untuk Anda ketahui, bahwa tidak sedikit hal yang memang bisa menyebabkan si kecil terserang jenis penyakit ini, termasuk diantaranya yaitu infeksi bakteri, bahkan sensitive terhadap beberapa jenis makanan. Jika dalam waktu 24 jam kondisi si kecil masih tidak membaik, apalagi jika diarenya disertai dengan muntah dan demam, maka segeralah hubungi dokter.

  1. Demam

Penting untuk Anda ketahui, bahwa demam bukanlah penyakit. Demam merupakan salah satu kondisi dimana keadaan tubuh si kecil mengalami kenaikan suhu badan sebagai respon yang diberikan dari berbagia kondisi, termasuk adanya infeksi, tumbuhnya gigi, atau bahkan setelah dilakukannya imunisasi.

  1. Sembelit

Cara yang paling mudah untuk mengetahui sembelit yang dialami oleh si kecil yaitu dengan cara mengamati mereka ketika ia tengah buang air besar. Jika si kecil menangis ketika BAB dan keadaan fasenya berbentuk padat dan cukup keras, maka kemungkinan besar si kecil tengah mengalami sembelit. Sembelit ini juga merupakan salah stau jenis penyakit yang kerap kali di alami oleh bayi juga balita.

  1. Ruam

Ruam pada bagian kulit bayi bisa terjadi kkarena bebepa faktor, diantaranya yaitu keadaan kulit yang kering, lecet, infeksi, atau bahkan alergi terhadap makanan atau bahkan susu formula. Keadaan kulit bayi jauh lebih sensitive jika dibandingkan dengan keadaan kulit orang deawasa, sehingga keadaan kulit mereka jauh lebih rentan terhadap penyebab terjadinya ruam.

  1. Batuk

Banyak diantaranya penyebab batuk pada bayi juga balita, dan penyebab umum terjadinya batu pada si kecil yaitu adanya infeksi virus. Jika batuk yang disertai dengan demam yang sedang, kemungkinan batuk tersebut disebabkan oleh adanya infeksi virus.

Nah, itulah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang si kecil. Bukan hanya itu, salah satu jenis penyakit yang kerap kali menyerang si kecil yaitu penyakit bronkitis pada anak.

Related Posts

Share This