5 Jenis Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh Untuk Si Kecil

Sebagai orangtua yang baik, pengetahuan mengenai obat sakit perut alami untuk si kecil sebaiknya Anda kuasai dengan baik. Hal ini dikarenakan anak-anak yang sering mengalami sakit perut jika dibandingkan orang dewasa. Selain itu, sakit perut yang dialami si kecil juga bisa mengganggu aktivitasnya, bahkan bisa menghilangkan nafsu makan si kecil. Maka dari itu, ketika si kecil mengalami sakit perut, sebaiknya Anda segera mengatasinya dengan obat sakit perut alami.

Penyebab sakit perut yang dialami si kecil memanglah banyak, dan yang paling sering terjadi yaitu karena makanan atau minuman yang mereka konsumsi, serta terjaidnya kram di bagian otot perut. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi sakit perut yang dialami si kecil tanpa harus memberikan efek samping lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Teh

Ketika si kecil mengalami sakit perut, Anda bisa menyajikan satu cangkir teh hangat untuk di minumnya. Teh hangat ini dipercaya mampu mengatasi sakit perut yang dialami buah hati Anda. Dan hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam teh hangat memiliki manfaat yang sangat luar biasa, diantaranya berperan untuk efek anti peradangan, memberikan ketenangan, serta mampu meredakan ketegangan yang terjadi pada otot. Maka dari itu, teh hangat juga ampuh dalam menghilangkan perasaan tidak nyaman pada perut.

2. Jahe

Teh dan juga jahe merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengatasi sakit perut pada si kecil. Jahe sendiri memiliki kandungan gingerol, yakni salah stau jenis santioksidan kuat yang mampu mengatasi jumlah serta efek jahat yang diberikan oleh radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan gingerol dalam jahe juga mampu mengatasi sensasi mual juga rasa tidak nyaman pada bagian perut. Maka dari itu, jika si kecil mengalami sakit perut, Anda bisa memberinya seidkit air rebusan jahe, untuk menambah rasa, Anda juga bisa menambahkannya sedikit madu.

3. Berikan Penghangat

Ketika si kecil mengalami skait perut, Anda bisa memberikannya penghangat pada bagian perut. Misalkan sperti meletakkan botol atau bahkan botol karet yang telah di isi dengan air panas di bagiain perut si kecil yang terasa sakit.

4. Hidangkan Makanan yang Agak Tawar

Ketika si kecil sakit perut, bukan berarti ia tidak boleh mengkonsumsi makanan yang enak, namun dalam kondisi ini, ia hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa sedikit tawar. Misalkan Anda bisa memberinya bubur, pasta, roti, atau bahkan yogurt, karena makanan ini akan jauh lebih mudah dicerna, serta mampu mengembalikan fungsi dari pencernaan agar bekerja lebih optimal.

5. Yogurt

Ketika si kecil mengalami sakit perut, yoghurt juga bisa Anda andalkan untuk mengatasinya sakit perut yang dideritanya. Hal ini dikarenakan yogurt memiliki kandungan bakteri yang baik untuk sistem pencernaan. Serta mampu mengembalikan keseimbangan koloni bakteri yang ada di dalam usus si kecil. Nah, bakteri inilah yang nantinya akan membantu kinerja usus serta menghambat tumbuhnya sejumlah kuman yang bisa menyebabkan sakit perut.

Related Posts

Share This