5 Jenis Obat Herbal Untuk Keputihan

Keputihan merupakan hal yang biasa dialami oleh wanita. Keputihan adalah bentuk sekresi vagina berupa cairan bening dan tidak berbau. Namun pada sebagian kasus, banyak wanita yang mengalami keputihan bersifat abnormal. Kondisi tersebut ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap (amis) dan disertai gatal-gatal diarea vagina. Keputihan abnormal sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan benar. Salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan obat herbal keputihan.

Menggunakan obat herbal untuk keputihan dinilai cukup efektif dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Obat herbal untuk keputihan banyak tersedia di alam. Lalu tanaman herbal apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan? Berikut ini 5 jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengatasi keputihan abnormal.

  1. Tanaman sambiloto

Salah satu obat herbal keputihan yaitu tanaman sambiloto. Tanaman yang satu ini mengandung flavonoid, keton, aldehid, laktone dan mineral. Cara untuk mengobati keputihan dengan sambiloto yaitu rebus 3 batang tanaman sambiloto dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Minum secara rutin setiap hari dan dosis sekali minum yaitu ¾ gelas.

  1. Daun sirih

Sirih merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang memiliki khasiat sebagai antijamur, antibakteri dan sebagai antioksidan. Untuk mengatasi keputihan dengan daun sirih, caranya yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirih menggunakan 2 liter air selama 10 menit. Air rebusan daun sirih digunakan untuk membasuh organ intim. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mengatasi keputihan. Hal yang perlu diingat yaitu jangan terlalu sering membasuh organ intim menggunakan daun sirih karena bisa membunuh bakteri baik.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya biasanya digunakan sebagai ramuan herbal untuk menyuburkan rambut. Hal ini karena tanaman lidah buaya memiliki kandungan vitamin E dan C yang merupakan antioksidan alami. Namun tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi keputihan. Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan antiseptic yang sangat efektif untuk mengatasi keputihan. Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil daging lidah buaya kemudian rebus dengan daun sambiloto dan dua gelas air. Tunggu hingga air rebusan hangat dan gunakan untuk membasuh vagina. Lakukan secara rutin yaitu dua kali sehari.

  1. Kunyit

Tanaman rempah yang satu ini mengandung antibakteri yang berguna untuk mengatasi keputihan abnormal. Cara membuat ramuan herbal yang satu ini yaitu rebus kunyit, gula aren, daun beluntas dan buah asam. Minum air rebusan tersebut secara rutin yaitu satu kali sehari.

  1. Akar mawar

Tanaman mawar ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi keputihan yang abnormal. Cara membuat ramuan ini yaitu dengan merebus akar tanaman mawar. Air rebusan di minum secara rutin setiap hari.

Nah, demikian beberapa obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keputihan yang abnormal. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517