5 Jenis Obat Flu Alami Untuk Anak

Flu merupakan gangguan kesehatan ringan yang bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya flu sering terjadi pada musim penghujan atau pergantian musim. Gejala flu pada umumnya disertai dengan batuk dan badan meriang. Gangguan kesehatan ini tidak terlalu berbahaya namun bisa berdampak terhadap pertumbuhan anak. Oleh karena itu, perlu penanganan yang tepat dengan memberikan obat flu alami.

Pemberian obat alami dalam mengatasi flu dinilai lebih aman sehingga tidak akan menimbulkan efek samping terhadap kesehatan si kecil. Lalu apa saja jenis obat alami yang berguna untuk mengatasi flu pada anak?

Nah, Inilah Beberapa Jenis Obat Alami Untuk Mengatasi Flu Pada Anak

  1. Bawang Putih

Salah satu obat flu alami untuk anak bisa menggunakan bawang putih. Rempah yang satu ini memiliki kandungan allicin dan allion yang berguna untuk melawan virus penyebab flu. Cara mengobati flu dengan bawang putih yaitu bisa Anda tambahkan kedalam masakan seperti sayur sup sehingga si kecil akan menyukainya.

  1. Jahe

Rebusan air jahe memang ampuh untuk mengatasi flu. Buatlah rebusan jahe dengan campuran gula merah atau madu. Ramuan yang satu ini bisa menyembuhkan flu dan mengatasi batuk berdahak pada anak. Berikan secara teratur pada anak sehingga flu yang diderita lebih cepat sembuh.

  1. Madu

Tidak perlu diragukan lagi bahwa madu merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dan sifat antibiotik alami pada madu bisa melawan virus flu. Berikan madu pada si kecil secara teratur untuk meredakan gejala flu yang dideritanya. Madu juga bisa meningkatkan sistem imun anak.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa digunakan dalam mengatasi flu pada anak. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk melawan virus flu dan meningkatkan imun anak. Anda bisa memberikan air perasan jeruk nipis dengan campuran madu dan air hangat. Berikan secara teratur hingga benar-benar sembuh.

  1. Bawang Merah

Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga ampuh untuk menyembuhkan flu pada anak. Caranya yaitu dengan mengiris bawang merah dan beri campuran minyak. Lalu oleskan secara merata pada bagian punggung dengan sedikit pijatan. Bawang merah akan memberikan reaksi yang emnghangatkan tubuh sehingga secara perlahan meredakan gejala flu.

Nah, demikian beberapa jenis obat alami untuk mengatasi flu pada anak. Jangan terburu-buru memberikan obat-obatan kimia ketika si kecil menderita flu karena justru bisa membahayakan kesehatan dan menurunkan imun tubuh. Obat alami lebih aman dan tidak akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan anak dalam jangka panjang.

Related Posts

Share This