5 Jenis Obat Asma Tradisional Yang Perlu Anda Ketahui

Asma merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Biasanya kebanyakan orang mengatasi penyakit asma dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Reaksinya memang cepat namun obat tersebut memberikan efek samping jangka panjang bagi kesehatan. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengatasi penyakit tersebut dengan obat asma tradisional.

Obat tradisional untuk asma dinilai lebih efektif karena tidak akan menyebabkan efek samping dalam jangka panjang. Selain itu, obat alami lebih mudah diperoleh tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Obat tradisional banyak tersedia di alam bebas dan sudah menjadi ramuan turun temurun dari leluhur.

Obat tradisional asma bisa Anda jadikan sebagi pilihan utama dalam mengatsi penyakit asma dalam stadium yang masih terbilang ringan. Bahkan untuk mempercepat proses penyembuhan, obat tradisional bisa diberikan secara bersamaan dengan obat modern, namun harus sesuai dengan anjuran dari dokter.

  1. Jahe

Salah satu obat tradisional asma yaitu jahe. Rempah yang satu ini dinilai paling ampuh dalam mengatasi asma. Jahe memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan pada saluran pernafasan yang menyebabkan asma. Jahe bisa menghentikan lendir pada saluran pernafasan yang mengakibatkan terjadinya peradangan.

Cara membuat ramuan yang satu ini terbilang cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus atau memotong jahe kemudian rebus dan saring. Ambil airnya dan berikan campuran madu, kemudian minum secara rutin.

  1. Madu

Madu memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Konsumsi madu dengan air hangat secara rutin untuk mengatasi penyakit tersebut. Hindari mengkonsumsi madu dengan air dingin sebab bisa memperparah kondisi penyakit tersebut.

  1. Buah cermai

Buah cermai ternyata bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk mengatasi penyakit asma. Untuk membuat ramuan dari buah cermai yaitu dnegan cara tumbuk buah cermai dengan tambahan bawang putih, buah kelengkeng, akar kara dan air matang. Rebus tumbukan tersebut hingga matang dan saring. Minum air rebusan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Daun tolod

Sebagian dari Anda mungkin asing ketika mendengar nama tanaman yang satu ini. Tapi tahukah Anda bahwa daun ki tolod sangat ampuh untuk mengatasi penyakit asma. Untuk membuat ramuan ini sangatlah gampang dan praktis. Rebus daun ki tolod dengan 2 gelas air hingga air rebusan tersebut tersisa setengahnya. Lalu saring dan minum secara teratur yaitu dua kali dalam sehari.

  1. Bunga kenanga

Siapkan tiga kuntum bunga kenanga kemudian rebus menggunakan air 200 cc hingga mendidih. Saring dan minum airnya setelah dingin. Lakukan secara tertur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah beberapa jenis ramuan herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit asma. Supaya lebih aman, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan medis/dokter ahli.

Related Posts

Share This