5 Jenis Minuman Sehat Alami Untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi pada waktu hamil harus benar-benar di jaga dan diperhatikan dengan baik. Ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. Hal ini karena semua yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama menjalani kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi minuman sehat dalam melengkapi kebutuhan gizi untuk tubuh dan janin.

Minuman sehat alami sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi dan keluhan lain selama hamil. Salah satu jenis minuman sehat yang bisa Anda konsumsi selama hamil yaitu jus buah. Untuk lebih jelasnya berikut  ini ada ulasan tentang  jenis minuman sehat untuk ibu hamil.

Minuman Sehat Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

  1. Teh hijau

Salah satu minuman sehat untuk ibu hamil yaitu the hijau. Minuman yang satu ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan. Selain itu, dengan mengkonsumsi the hijau akan memberikan efek tenang sehingga ibu hamil terhindar dari stres yang bisa membahayakan kehamilan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah the hijau secukupnya.

  1. Susu

Minuman yang satu ini sudah tidak asing dan tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu secara rutin dalam melengkapi kebutuhan nutrisi selama hamil. Susu mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda dan janin. Disamping itu ternyata susu juga memiliki kemampuan untuk menstimulus serotonin yang akan memberikan efek tenang.

  1. Air kelapa

Air kelapa bisa dikonsumsi selama hamil untuk mencegah dehidrasi dan mengganti cairan yang hilang. Ibu hamil membutuhkan asupan cairan dalam jumlah banyak sehingga kelapa bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Kandungan mineral mikro bermanfaat untuk mengatur tekanan darah pada ibu hamil.

  1. Jus buah

Buah-buahan dikenal dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat melimpah. Mengkonsumsi jus buah secara rutin akan berdampak positif terhadap perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Salah satu jenis buah yang dianjurkan yaitu alpukat. Buah yang satu ini mengandung asam folat serta omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat dan meningklatkan kecerdasan otak janin. Selain itu, buah-buahan juga sangat kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan janin di dalam kandungan.

  1. Air putih

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan sirkulasi darah, mencegah dehidrasi dan mengatasi berbagai macam keluhan selama hamil.

Selain mengkonsumsi minuman sehat, ibu hamil juga harus menghindari beberapa jenis minuman yang bisa mempengaruhi kehamilan. Jenis minuman yang sebaiknya dihindari selama hamil yaitu kopi, minuman beralkohol, softdrink dan minuman berkafein lainnya.

Related Posts

Share This