5 Jenis Makanan yang Berperan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Karena jika Anda kurang memperhatikan kondisi kesehatan ginjal Anda, maka resiko munculnya penyakit yang serius akan meningkat jauh lebih besar. Seperti batu ginjal, usus buntuk, dan juga beberapa jenis penyakit lainnya yang bisa menyerang sistem pencernaan Anda.

Sangat banyak cara yang memang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, dan salah satunya yaitu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memang bisa membuat kondisi ginjal Anda ada dalam keadaan yang sehat. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut ulasannya:

1. Putih Telur

Penting untuk Anda ketahui, bahwa dalam satu butur telur yang Anda konsumsi ternyata memiliki kandungan protein yang baik dengan jumlah yang tinggi di dalamnya, dengan kandungan fosfor yang sangat rendah.

Nah, bagi Anda yang memang memiliki masalah dengan kesehatan ginjal, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi sejumlah makanan yang mengandung protein serta mengurangi asupan fosfo agar kondisi gnjal Anda bisa membaik.

Namun walaupun seperti itu, bagian kuning telur sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi bagi Anda yang menderita masalah ginjal.

2. Kembang Kol

Kembang kol sangat kaya akan kandungan indoles, glucosinolates, dan juga tiosianat yang jelas sangat bermanfaat untuk menetralisir berbagai jenis racun yang tersebar di dalam tubuh. Karena dengan adanya sejumlah zat tersebut pastinya mampu meringankan beban dari kinerja ginjal, sehingga Anda akan terhindar dari yang namanya kerusakan dini.

3. Paprika Merah

Mengkonsumsi paprika merah sangat dianjurkan bagi mereka yang memang mengalami masalah dengan ginjalnya. Paprika sendiri memiliki kandungan nutrisi juga substance yang mana sangat bermanfaat dalam mengatasi sisa-sisa kotoran yang berada di dalam tubuh yang memang memiliki potensi untuk berubah menjadi sejenis racun yang menjadi pemicu munculnya gangguan kesehatan.

Akan tetapi, tidak semua jenis paprika baik untuk di konsumsi bagi si penderita ginjal, karena hanya paprika warna merah yang memang baik untuk di konsumsi orang-orang yang mengalami masalah dengan kesehatan ginjalnya.

4. Ikan

Ikan sendiri memiliki kandungan omega 3 yang mana sangat berfungsi untuk kesehatan ginjal. Omega 3 ini sangat dibutuhkan untuk melindungi sistem kinerja ginjal dari serangan zat korosif, bahkan kandungan protein yang ada di dalam ikan sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses regenerasi sel yang berada di dalam ginjal tersebut.

5. Jus Buah dan Sayur

Beberapa jenis buah dan sayuran juga merupakan makanan yang baik untuk Anda konsumsi, terutama ketika Anda memiliki masalah dengan kesehatan ginjal. Namun ketika Anda menderita penyakit yang menyerang ginjal, tidak semua jenis buah dan sayur yang dapat Anda konsumsi, karena hanya buah dan sayuran yang memiliki kandungan yang sangat penting untuk membantu kesehatan ginjal.

Related Posts

Share This