5 Jenis Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi anak perlu mendapatkan perhatian karena gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang si kecil. Anak-anak yang mengalami maslah pada gigi biasanya terkena dampak negatif pada proses tumbuh kembangnya. Tanpa gigi yang sehat maka proses mengunyah makanan tidak akan berlangsung optimal.

Kesehatan gigi si kecil salah satunya duipengaruhi oleh asupan makanan yang bernutrisi seperti kecukupan vitamin dan mineral. Selain itu, aspek perawatan gigi yang benar sangat mempengaruhi kesehatan gigi si kecil. Walaupun gigi balita bukan merupakan gigi permanen, namun tetap saja kharus dirawat karena akan mempengaruhi pembentukan gigi permanen.

Asupan makanan sehat dan membiaskan menjaga kebersihan gigi adalah dua hal yang harus Anda ajarkanĀ  pada si kecil sejak dini guna mencegh kerusakan apda gigi. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi si kecil.

  1. Buah Pir

Salah satu makanan sehat uyang berguna untuk kesehatan gigi si kecil yaitu buah pir. Jenis buah yang satu ini mengandung banyak serat. Nah, didalam mulut si kecil serat berperan penting untuk menstimulus produksi saliva. Hal ini berguna untuk menetralkan rasa asam pada mulut sehingga menghambat terjadinya kerusakan pada gigi.

  1. Jeruk

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk adalah makanan sehat untuk gigi. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan gusi sehingga gigi akan terhindar dari kerusakan. Jeruk bisa Anda konsumsi langsung atau dalam bentuk jus buah.

  1. Keju

Produk olahan susu yaitu keju sangat berguna untuk kesehatan gigi. Kalsium pada keju berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan posfat pada keju mampu menetralkan keasaman yang bisa merusak gigi.

  1. Apel

Buah apel mengandung vitamin, mineral dan bahkan serat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menunjang kesehatan gusi dan gigi. Dengan mengkonsumsi apel maka si kecil bisa terhindar dari kerusakan gigi.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin A. Manfaatnya yaitu untuk pembentukan enamel gigi. Ubi jalar bisa Anda lbeikan pada anak dengan cara direbus, dikukus ataupun di oven. Selain itu ubi jalar juga bisa digorteng atau dibuat brownies ubi.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang berguna untuk kesehatan gigi anak. Kebersihan, asupan nutrisi memang sangat penting untuk Anda perhatikan guna mencegah terjadinya kerusakan gigi pada anak yang bisa menghambat proses tumbuh kembangnya.

Gigi termasuk kedalam sistem pencernaan yang berperan penting untuk memudahkan kinerja lambung. Gigi bertugas untuk memotong dan menghaluskan makanan sebelum akhirnya masuk dan diolah pada bagian lambung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517