5 Jenis Makanan yang Baik Untuk Sistem Pencernaan Pada Manusia

Sistem pencernaan pada manusia. Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap mahluk hidup agar mereka bisa tetap hidup. Dan sejumlah makanan yang kita konsumsi nantinya akan diolah oleh tubuh untuk dijadikan sebagai energi. Bukan hanya untuk menunjuang kebutuhan energi saja, namun makanan juga sangat penting untuk menjaga agar sistem pencernana pada manusia tetap terjaga dnegan baik dan bekerja sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi berbagia jenis makanan yang sehat, agar tubuh kita juga tetap dalam kondisi yang sehat pula.

Dan salah satu organ dalam tubuh yang sering bermasalah ketika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang salah adalah sistem pencernaan. Maka dari itu, agar sistem pencernaan Anda tetap sehat, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan serta minuman berikut ini:

1. Buah Bit

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ternyata buah bit sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, diantaranya seperti mengatasi sembelit, diare dan beberapa gangguan pada sistem pencernaan lainnya. Buah bit yang kaya akan akndungan kalsium, magnesium serta kandungan serat ini akan membantu Anda untuk membersihkan bagian sistem pencernaan yang memang telah tercemar oleh sejumlah makanan tidak sehat yang Anda konsumsi.

2. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan manfaatnya, terutama untuk sistem pencernaan. Apel sendiri sangat kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, folat, mineral, kalium dan juga kandungan fosfor. Nah, kandungan vitamin juga mineral yang ada dalam buah apel ini ternyata sangat baik untuk mengatasi masalah sistem pencernaan Anda, diantaranya seperti ampuh dalam mengatasi masalah konstipasi juga mampu meningkatkan perasaan kenyang.

3. Pisang

Pisang, merupakan buah terbaik untuk meningkatkan fungsi usus. Pisang sendiri merupakan salah satu jenis buah yang wajib untuk Anda konsumsi ketika Anda diare. Mengapa? Karena buah pisnag nantinya bisa membantu Anda untuk mengembalikan jumlah elektrolit serta kalium yang hilang karena keluarnya sejumlah cairan secara terus-menerus ketika Anda diare. Bukan hanya itu, kandungan serat yang ada dalam buah pisnag ini juga ternyata sangat baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar, merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Karena ubi jalar ini memiliki kandungan serat, karbohidrat kompleks, serta mangan yang baik.

5. Alpukat

Alpukat sendiri merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan kandungan serat secara alami. Buah ini juga sangat mudah untuk dicerna tubuh jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Hal ini dikarenakan buah alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang memang bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This