5 Jenis Makanan Untuk Mata Sehat

Kondisi mata sehat merupakan keadaan yang diinginkan oleh hampir semua orang. Siapa sih yang tidak ingin memiliki mata yang sehat, karena ketika Anda memiliki mata yang sehat maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah penglihatan.

Banyak cara yang memang bisa Anda lakukan agar mata Anda menjadi sehat, salah satunya memperbaiki pola makan Anda. Dan berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi guna menjaga kesehatan mata Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Bayam

Agar mata Anda tetap sehat, maka Anda bisa mengkonsumsi bayam dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya, diantaranya seperti kangkung, sawi bahkan lobak. Sayuran bayam sendiri memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa, diantaranya seperti kandungan vitamin A, lutein, dan juga zeaxanthin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A sendiri mampu membantu Anda dalam melindungi kesehatan kornea mata, lutein berperan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet dan zeaxanthin.

2. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan omega-3 asam lemak, yang mampu mencegah terjadinya mata kering. Kandungan omega-3 asam lemak ini juga mampu membantu Anda dalam menangkal degenerasi macula yang berkaitan dengan usia. Bahkan para ahli juga menganjurkan agar Anda mengkonsumsi dua porsi salmon dalam satu minggu. Salmon sendiri bisa Anda konsumsi dalam bentuk sup, salad, atau bahkan di sajikan sebagai hidangan utama.

3. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan beta-karoten dalam jumlah yang cukup banyak, yang mana merupakan precursor dari vitamin A. Bukan hanya itu, wortel juga memiliki kandungan lutein, yang mana mampu membantu kepadatan peningkatan pigmen macula dalam, bagian tempat kuning yang berbentuk oval yang berada tepat di dekat pusat retina. Dalam gilirannya, tempat ini mampu melindungi retina dan juga mampu menurunkan resiko degenerasi macula. Selain itu, wortel juga kaya akan kandungan serat juga potassium.

4. Paprika

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang merupakan sumber utama vitamin A juga vitamin C. Vitamin A yang terkandung dalam paprika mampu menjaga sistem penglihatan Anda, sedangkan untuk vitamin C berperan dalam melindungi mata terhadap ancaman katarak. Nah, untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan sistem penglihatan Anda, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis paprika, seperti paprika kuning, merah, hijau dan yang lainnya.

5. Blueberry

Mengkonsumsi blueberry secara teratur juga mampu meningkatkan visi juga mampu memperkuat sistem pembuluh darah di bagian belakang mata. Jenis buah ini juga memiliki kandungan anthocyanin, yang mampu membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta peradangan, bahkan kandungan yang ada di dalam buah ini juga mampu mencegah terjadinya penyumbatan di bagian arteri yang bertugas dalam memberikan asupan makanan pada mata.

Related Posts

Share This