5 Jenis Makanan Sehat Untuk Pencernaan Anak

Kesehatan pencernaan merupakan salah satu hal yang sangat penting guna menunjang tumbuh kembang anak. Jika kesehatan pencernaan terganggu maka hal ini akan mempengaruhi pertumbuhannya sebab nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tidak bisa diserap oleh tubuh. Akibat buruk gangguan pencernaan berisiko terhadap kekurangan nutrisi. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan dan juga tumbuh kembang anak.

Keluhan sakit perut, sembelit, diare ataupun perut kembung memang seringkali menjadi suatu permasalahan yang dialami oleh anak. Kondisi tersebut seringkali membuat anak menjadi rewel dan bahkan nafsu makan anak menurun drastis. Gangguan pencernaan bisa disebabkan salah satunya oleh faktor makanan yang dikonsumsi oleh anak. Oleh karena itu guna menjaga kesehatan pencernaan anak sebaiknya berikan asupan konsumsi makanan sehat dan bergizi. Apa saja jenis makanan sehat untuk pencernaan anak?

Inilah Beberapa Jenis Makanan Sehat Untuk Pencernaan Anak

  1. Ikan

Salah satu jenis makanan sehat untuk pencernaan si kecil yaitu ikan. Dibandingkan dengan daging sapi, ikan merupakan sumber protein terbaik karena lebih mudah dicerna sehingga tidak akan membebani sistem pencernaan si kecil. Disamping itu, ikan juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang berguna untuk meningkatkan sistem ketahanan saluran cerna supaya terhindar dari bahaya infeksi.

  1. Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan anak. Tempe tergolong jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk memperlancar saluran pencernaan. Disamping itu, jamur Rhizopus pada tempe menjadi salah satu antibiotic alamiah untuk mengatasi maslah pencernaan. Nah, jamur pada tempe befungsi untuk membantu penyerapan mineral pada usus.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran adalah sumber serat alami yang berguna untuk kesehatan pencernaan. Biasakan untuk memberikan sayuran dalam menu makanan anak sehari-hari. Jenis sayuran hijau sangat dianjurkan untuk kesehatan pencernaan anak seperti bayam, brokoli dan lainnya. Namun dalam mengolah sayuran sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar supaya tidak merusak kandungan nutrisinya.

  1. Yoghurt
Baca Juga:  Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Anak Saat Demam

Kandungan Lactobacillus atau bakteri baik pada yoghurt memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan anak. Dengan mengkonsumsi yoghurt maka akan meningkatkan produksi bakteri baik di usus sehingga membantu memperlancar pencernaan. Dengan begitu maka si kecil akan terhindar dari risiko masalah pencernaans seperti sembelit ataupun diare. Yoghurt bisa diberikan secara langsung ataupun dibuat campuran makanan lain seperti smoothies dengan kombinasi buah-buahan.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, berikan juga beragam buah-buahan untuk anak.  Kandungan serat pada buah juga memiliki fungsi seperti halnya serat pada sayuran yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berikan buah pisang, apel, jeruk, kiwi, semangka dan lainnya secara teratur. Supaya si kecil tidak bosan, berikan dalam bentuk olahan seperti jus buah ataupun salad buah.

Demikian beberapa jenis makanan untuk kesehatan pencernaan anak. Selalu sajikan makanan yang sehat dan bergizi guna menunjang tumbuh kembang anak dalam masa emas pertumbuhannya. Disamping itu, perhatikan juga kebersihan dalam penyajian makanan. Jangan sampai makanan sehat yang Anda sajikan menjadi berbahaya bagi si kecil akibat tidak higienis.

Perhatikan juga asupan cairan untuk si kecil. Biasakan untuk senantiasa mengajarkan minum sebanyak 8 gelas per hari. Perlu Anda ketahui bahwa cairan yang tercukupi akan berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Jika pasokan cairan kurang maka akan memperlambat kinerja saluran cerna sehingga akibatnya bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517