5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Usia kehamilan 8 bulan merupakan usia kehamilan yang sudah sempurna dan tinggal menunggu hitungan hari untuk kehadiran bayi yang didambakan. Pada usia 8 bulan, paru-paru dan plasenta bayi sudah mencapai tingkat kematangan.

Bayi sudah memiliki kemampuan untuk membuka dan menutup mata. Selain itu, pada usia ini juga perkembangan otak bayi sangat pesat dan gerakan bayi sangat aktif. Oleh karen itu, pada usia ini diperlukan asupan makanan sehat untuk ibu hamil dalam menjaga dan mengoptimalkan perkembangan janin hingga tiba proses persalinan.

Berikut Ini Jenis Makanan Yang Baik Bagi Ibu Hamil 8 Bulan

  1. Umbi-umbian dan nasi merah

Salah satu makanan yang baik bagi ibu hamil 8 bulan yaitu umbi-umbian dan nasi merah. Beras merah sangat cocok untuk ibu hamil pada usia ini karena memilki kandungan serat yang berguna untuk memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, kandungan gula pada beras merah sangat rendah sehingga mencegah penyakit diabetes. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi gandum dan biji-bijian lainnya. Gandum memiliki kandungan karbohidrat kompleks sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil 8 bulan yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang yang bagus untuk ibu hamil 8 bulan yaitu kacang kedelai. Jenis kacang yang satu ini mengandung vitamin B1 dan B2 yang berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin B6 dan B12 pada kacang kedelai berguna untuk meningkatkan kecerdasan bayi dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

  1. Sayuran

Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran tidak perlu diragukan lagi. Ibu hamil 8 bulan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang bermarna hijau dan berwarna orange (mengandung beta karoten). Sayuran yang berwarna orange seperti wortel sangat bagus karena mengandung betakaroten dan vitamin A yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, betakaroten juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama vitamin dan mineral, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin C pada buah sangat efektif untuk meningkatkan sistem imun dan membantu penyerapan zat besi sehingga bermanfaat untuk mempersiapkan proses persalinan serta mencegah penyakit anemia.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Selain makanan, ibu hamil usia 8 bulan juga harus mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan ibu hamil dalam mempersiapkan proses persalinan.

Pada usia kehamilan 8 bulan sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi dan menjaga kesehatan guna mempersiapkan proses persalinan supaya berjalan lancar.

Related Posts

Share This