5 Jenis Makanan Balita yang Patut Dihindari

Merawat serta mengasuh si kecil yang masih balita memang bukanlah satu perkara yang mudah, benarkan bunda? Pastinya Anda harus benar-benar mendidik mereka dengan sangat baik, serta memberikan asupan makanan balita yang memiliki kandungan gizi yang baik serta menunjang agar pertumbuhan serta perkembangan si kecil berjalan dengan sangat baik.

Oleh karena itu, bunda harus benar-benar bisa memilih mana makanan untuk balita yang baik dan sehat jika di konsumsi, serta mana makanan yang jelas tidak baik dan tidak sehat jika di konsumsi si kecil.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang memang tidak baik jika di konsumsi oleh balita, yaitu sebagai berikut:

  1. Permen

Penting untuk bunda ketahui, permen ternyata merupakan salah satu musuh bagi gigi si kecil. Karena permen ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi yang memang bisa menyebabkan karies serta gigi yang berlubang. Bukan hanya itu, permen juga tidak memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan si kecil, maka dari itu, sebaiknya Anda harus menghindari dari jenis makanan ini, karena bukannya menyehatkan, makanan ini malah akan memperburuk kesehatan si kecil.

  1. Pastry atau strudel

Resep makanan balita seperti kue memang merupakan salah satu jenis makanan yang nikmat di lidah serta tidak jarang dijadikan sebagai sarapan, karena bisa mengenyangkan perut. Akan tetapi, penting untuk bunda ketahui, bahwa jenis kue seperti pastry atau strudel memiliki kandungan gula yang banyak, serta tida memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus menghindari si kecil dari jenis makanan ini.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan si kecil, karena pada makanan cepat saji terkandungn setidaknya 800 kalori, 40 gram lemak, serta 1000 gram sodium yang memang tidak baik untuk kesehatan balita.

  1. Mie instan

Mie instan atau bahkan pasta merupakan makanan yang tidak sehat untuk si kecil, bahkan jenis makanan ini tidak dianjurkan untuk diberikan kepada buah hati Anda. Mie instan tidaklah memiliki kandungan gizi yang baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk bunda berikan kepada mereka.

  1. Makanan kaleng

Sebenarnya makanan kaleng seperti buah dalam kaleng, sarden dan beberapa jenis makanan lainnya bukanlah pilihan makanan yang baik untuk si kecil. Karena makanan kaleng telah melalui proses pengolahan yang tinggi, sehingga umumnya makanan kaleng memiliki kandungan sodium yang tinggi, lemak yang jelas tidak sehat, serta karbohidrat yang juga sederhana.

Nah, bunda sudah tahu bukan, makanan tidak sehat yang sebaiknya bunda hindari dari si kecil. Maka dari itu, wajib bagi bunda untuk menyiapkan makanan sehat juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk balita Anda.

Related Posts

Share This