5 Jenis Makanan Bagi Ibu Hamil Trimester 1

Ibu hamil trimester 1 membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Pada tahap awal kehamilan ini terjadi proses pembentukan organ janin sehingga diperlukan asupan makanan bergizi untuk menunjang proses tersebut. Jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka dikhawatirkan terjadinya gangguan dalam proses tumbuh kembang janin.

Makanan bergizi dan bernutrisi akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan juga pertumbuhan janin. Biasanya pada tahap awal kehamilan akan mengalami berbagai macam gejala seperti mual, muntah dan kepala pusing. Nah, untuk mengatasi semua keluhan tersebut diperlukan asupan makanan sehat dan bergizi setiap harinya.

Penting sekali untuk memperhatikan asupan gizi pada tahap awal kehamilan sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan janin yang sehat. Disamping itu, makanan bergizi memberikan dampak negatif terhadap stamina ibu hamil.

Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester 1

  • Bayam

Asupan gizi ibu hamil trimester 1 salah satunya yaitu bayam. Kandungan kalsium dan zat besi pada bayam berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah penyakit anemia. Jika sirkulasi darah normal dan lancar maka proses tumbuh kembang janin tidak akan mengalami gangguan.

  • Asparagus

Sayuran hijau yang satu ini disarankan bagi ibu hamil trimester 1.  Asparagus mengandung vitamin B, vitamin D dan asam folat. Selain itu, sayuran yang satu ini mengandumng senyawa glutathione yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin. Kandungan asam folat berguna untuk proses pembentukan sela baru dan DNA. Kekurangan asam folat beresiko janin terlahir cacat.

  • Brokoli

GIzi ibu hamil trimester 1 yang selanjutnya bisa diperoleh dari sayuran brokoli. Kandungan gizi pada brokoli diantaranya yaitu kalsium, protein, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E serta Zat besi, asam folat dan posfor. Mengkonsumsi brokoli maka sangat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah selama menjalani masa kehamilan. Disamping itu kandungan serat pada brokoli berguna untuk menjaga sistem pencernaan.

  • Ikan salmon dan telur

Mengingat kebutuhan nutrisi pada awal kehamilan sangat tinggi, maka disarankan bagi Anda untukmengkonsumsi ikan salmon. Ikan jenis ini tinggi nutrisi seperti asam lemak omega-3 (DHA dan EPA), protein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D serta selenium. Kandungan omega-3 tersebut berfungsi dalam membantu pembentukan dan kecerdasan janin.

  • Buah-buahan

Selain dari kelompok sayuran dan ikan, ibu hamil trimester pertama juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin dan mineral pada buah sangat efektif untuk membantu pertumbuhan janin dan memelihara kesehatan ibu hamil.

Salah satu jenis buah yang bisa Anda pilih yaitu pisang. Kandungan asam folat pada pisang sangat baik untuk menunjang perkembangan sel-sel tubuh dan otak janin. Pisang bisa dikonsumsi sebagai cemilan sehari-hari.

Demikian sebagian kecil makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil trimester 1. Selain itu, penuhi juga asupan cairan dengan mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas atau setara 2 liter setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan darah.

Related Posts

Share This