5 Jenis Buah yang Tepat Diperkenalkan Untuk MPASI

Buah-buhan merupakan salah satu sumber vitamin yang baik di konsumsi oleh bayi. Masing-masing buah memiliki kandungan vitamin juga nutrisi yang tidaklah sama, bahkan vasing-masing vitamin yang terkandung di dalam buah juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu pertumbuhan juga perkembangan si kecil. Walaupun umumnya buah-buhan memberikan manfaat buah-buhan yang baik untuk si kecil, namun kerap kali bunda merasa bingung dalam memilih jenis buah yang baik untuk di berikan di tahap memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Penting untuk di ketahui, bahwa manfaat buah bukan hanya mampu membantu tumbuh kembang si kecil, namun buah juga membantu dalam menjaga kekebalan tubuh si kecil dari serangan penyakit. Nah, pada kesempatan ini, kami akan berbagi terkait jenis-jenis buah yang cocok untuk bunda perkenalkan kepada si kecil sebagai MPASI di usianya yang masih 6 bulan. Yaitu sebagai berikut:

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium, fosfor, vitamin A, juga asam folat yang baik untuk membantu pertumbuhan juga perkembangan si kecil. Bahkan buah pisang juga memiliki khasiat buah-buhan yang tidak kalah besarnya dengan jenis buah lainnya. Nah untuk penyajian jenis buah yang memiliki tekstur lembek ini, terutama dalam tahapan pengenalan MPASI, maka bunda bisa mengeruk bagian daging pisang sampai lembut, setelah itu bunda bisa menyajikannya kepada si kecil. Jika bunda ingin, bunda juga bisa menambahkan kedalam bubur atau pure, sehingga bisa menambah rasa serta tidak akan membuat si kecil merasa bosan.

  1. Jeruk

Memang benar, masih ada sebagian besar orang yang measih mempermasalahkan pemberian buah jeruk di usia si kecil yang masih dini, terutama pada tahapan pengenalan MPASI. Namun perlu bunda ketahui, bahwa buah jeruk merupakan buah yang dianjurkan untuk diberikan kepada si kecil, dengan catatan bunda memberikan buah jeruk yang memiliki rasa manis. Kandungan yang ada di dalam buah jeruk juga sangatlah bagus untuk tubuh si kecil, diantaranya yaitu kalium, kalsium, vitamin C, serat, vitamin A, serta asam folat yang jelas-jelas sangat baik untuk kesehatan si kecil. Untuk proses penyajian buah jeruk ini, bunda bisa mengupas, dan setelah itu memerasnya hingga airnya saja yang diberikan kepada si kecil secara perlahan.

  1. Tomat

Tomat juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh si kecil, diantaranya yaitu kandungan kalsium, natrium, protein, serat, asam folat, vitamin A juga magnesium. Bunda bisa menyajikannya dengan cara mencampurkannya dengan bubur yang akan diberikan kepada si kecil.

  1. Pir

Kandungan gizi yang terkandung di dalam buah pir juga tidak kalah dahsyatnya, karena buah pir memiliki kandungan fosfor, kalsium, kalium, juga vitamin C. Untuk cara penyajian, bunda bisa mengupas dan memotong bagian daging buah pir kecil-kecil, setelah itu kukus sampai benar-benar lunak agar mudah di konsumsi oleh si kecil.

  1. Apel

Buah apel juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah pentingnya, yaitu fosfor, kalium, vitamin A, magnesium, juga vitamin C. Untuk penyajiannya, bunda cukup mengupas kulit apel yang memiliki tekstur keras, setelah itu potong-potong hingga kecil, dan setelah itu masukkan kedalam panic yang berisikan air, rebus apel sampai lunak, setelah itu angkat dan langsung masukkan kedalam blender.

Related Posts

Share This