5 Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

Terkadang wanita yang tengah hamil akan selalu kritis memikirkan kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya, bahkan banyak juga diantaranya ibu hamil yang kerap memilih menu makanan sehat guna memenuhi asupan gizi, termasuk memilih buah yang baik untuk ibu hamil.

buah untuk ibu hamil

Pasalnya, ibu hamil harus mencukupi asupan gizi juga nutrisi yang diperuntukan bagi 2 orang, hal ini dilakukan agar janin yang ada di dalam kandungan bisa lahir dengan tubuh yang sehat tanpa adanya kekurangan gizi. Nah, agar asupan gizi juga nutrisi ibu hamil bisa terpenuhi, maka setidaknya bumil harus memilih jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, seperti sayuran juga buah-buhan.

Bukan hanya memilih jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, namun bumil juga harus mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil. Dan di bawah ini ada beberapa jenis buah untuk ibu hamil yang baik dan aman untuk di konsumsi selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki khasiat yang berlimpah, diantaranya yaitu baik untuk di konsumsi ibu hamil. Mengapa? Karena kandungan yang ada di dalam buah naga ini bisa membantu ibu hamil mengeluarkan dahak yang kerap di derita. Buah naga ini juga sangat jarang menggunakan pestisida, karena kulit luarnya yang sangat tebal, jadi aman untuk di konsumsi oleh bumil.

  1. Buah Apel

Buah apel ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak, serta di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C. Bagi ibu hamil, buah apel ini sangat bermanfaat guna mengatasi sembelit yang umum terjadi pada ibu hamil, diare serta sangat baik untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Buah Anggur

Buah anggur ini memiliki dua macam atau jenis, yakni anggur merah juga anggur hitam. Kandungan yang ada di dalam buah anggur ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil, karena buah anggur kaya akan antioksidan yang dapat mencegah munculnya kanker. Selain itu, buah anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratol yang memiliki fungsi untuk berbagai metabolisme tubuh.

  1. Buah Alpukat/Avocado

Buah alpukat juga sangat baik dan memiliki sejuta manfaat bagi ibu hamil. Buah alpukat memiliki kandungan asam folat vitamin B komplek, dan kalium, dan ketiga kandungan yang ada di dalam jenis buah ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan serta membantu perkembangan sumsum tulang belakang. Selain itu, buah alpukat juga mampu membantu ibu hamil mengurangi rasa mual serta muntah pada masa kehamilan trimester pertama.

  1. Buah Kurma

Buah kurma, buah yang memiliki kandungan gula sebanyak 60-70%, serta memiliki kandungan zat besi, kalium, juga vitamin B komplek. Kandungan yang ada di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kram pada ibu hamil. Selain itu, kandungan yang ada di dalam buah kurma juga bisa membantu memperkuat dinding rahim serta mampu memberikan banyak energi.

Itulah beberapa jenis buah yang bagus dan aman di konsumsi oleh ibu hamil, baik pada trimester pertama ataupun di trimester akhir.

Related Posts

Share This