5 Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Rematik

Sampai saat ini, banyak sekali mitos yang beredar di kalangan masyarakat terkait penyakit rematik, walaupun pernyataan tersebut belum 100% benar, namuan banyak diantaranya orang-orang yang percaya akan hal tersebut. Dan berikut ini ada beberapa hal yang memang sebenarnya harus dan wajib Anda ketahui terkait rematik, yaitu sebagai berikut:

  1. Banyak diantaranya orang-orang yang menghubungkan jika mengkonsumsi bayam serta kangkung bisa menyebabkan munculnya rematik, dan jelas pernyataan tersebut tidaklah tepat. Karena yang lebih tepat yaitu jika Anda tengah mengalami rematik, sebaiknya Anda bisa menghindari makanan yang memang memiliki kandungan purin yang memang bisa menyebabkan penyakit rematik Anda kambuh. Dan makanan yang memang memiliki kandungan purin dalam jumlah yang banyak diantaranya yaitu seafood juga jeroan.
  2. Ada juga diantaranya orang-orang yang menyebutkan bahwa rematik merupakan jenis penyakit keturunan. Namun faktanya, rematik ini tidak diturunkan secara landing oleh orangtua kepada anak-anaknya. Namun ada kecenderungan keluarga yang memang menjadi pemicu munculnya penyakit rematik ini.
  3. mandi malam menjadi penyebab munculnya rematik. Banyak juga diantaranya orang-orang yang beranggapan kalau mandi di malam hari di usia muda bisa mengakibatkan rematik di usia lanjut, padahal fakta yang sebenarnya kalau mandi di malam hari tidak ada hubungan atau kaitannya dengan rematik ini. Namun jika Anda memiliki rematik, mandi di malam hari apalagi dengan menggunakan air dingin sangat tidak di sarankan, karena hal tersebut bisa mengakibatkan sejumlah otot menjadi kaki, jika demikian bisa menimbulkan rasa nyeri.
  4. Jika ada yang mengatakan, kalau rematik hanya akan menyerang orang tua saja, dan itu bukanlah pernyataan yang tepat. Karena nyatanya, rematik ini juga bisa menyerang semua orang, termasuk remaja atau anak muda.
  5. Rematik juga di sebabkan oleh asam urat yang diderita seseorang. Namun faktanya, hanya ada sekitar 10% asam urat yang memang sudah kronis yang hanya bisa menyebabkan rematik. Bahkan, asam urat ini hanya akan membentuk menjadi rematik jika asam urat tersebut berkumpul di bagian sendi.

Dan itulah beberapa fakta yang memang penting dan wajib Anda ketahui mengenai rematik, agar Anda tidak salah kaprah jika terkena rematik. Nah, guna menghindari penyakit ini, maka setidaknya Anda harus bisa menjaga pola makan serta pola hidup sehat Anda sebaik mungkin, di samping itu sertai juga dnegan berolahraga secara rutin, karena dengan berolahraga, tubuh Anda akan kembali bugar.

Nah, jika Anda sudah terlanjur terkena rematik, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara yang sederhana sebelum Anda memeriksakan diri pada dokter. Seperti menghindari asupan makanan yang mengandung purin, rutin berlatih, meremdam bagian tangan atau kaki yang terkena rematik dengan menggunakan air hangat, dan masih banyak lagi hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan guna mengatasi rematik. Jika dalam jangka waktu 2-3 hari rematik tersebut masih belum reda, maka Anda bisa segera menghubungi dokter.

Related Posts

Share This