5 Gerakan Senam Hamil Guna Memudahkan Proses Persalinan

Kehamilan merupakan anugrah yang paling besar yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, terutama bagi kaum wanita yang memang mengalami masa kehamilan ini, sampai berbagai macam cara di lakukan guna menjaga kehamilannya agar tetap sehat, salah satunya melakukan senam hamil.

Ketika seorang wanita tengah mengalami masa kehamilan, pastinya mereka ingin memiliki kehamilan yang sehat tanpa adanya gangguan penyakit atau bahkan keluhan-keluhan yang berarti. Oleh karena itu, bukan hanya memilih juga mengkonsumsi sejumlah makanan yang bergizi ataupun mengkonsumsi susu yang di khususkan untuk kehamilan, namun ibu hamil juga bisa melakukan senam ibu hamil agar bayi yang ada di dalam kandungan bisa tetap dalam keadaan yang baik.

senam ibu hamil

Bukan hanya itu, ternyata senam hamil juga bisa membantu dalam kelancaran proses kehamilan. Nah, ketika ibu hamil akan melakukan senam hamil, sebaiknya di lakukan dengan orang yang telah berpengalaman atau dilakukan dengan ahlinya, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Ketika ibu hamil sudah memahami gerakan-gerakan tersebut, maka ibu hamil juga bisa melihat video senam hamil guna memaksimalkan gerakan ibu hamil. Dan berikut ini ada beberapa gerakan senam hamil yang bisa di lakukan guna pelancaran proses persalinan, yaitu sebagai berikut:

  1. Senam kegel

Senam kegel merupakan jenis senam yang di lakukan untuk peregangan juga bisa menguatkan panggul seorang ibu hamil, karena senam ini mampu melatih serta menguatkan sejumlah otot dasar panggul agar proses persalinan lebih mudah berlangsung. Bukan hanya itu, senam hamil ini juga bisa melatih sejumlah otot ibu hamil di sekitar uretra, kandung kemih, rahim juga rectum. Geratakan senam hamil ini bisa di lakukan dengan posisi duduk atau bahkan berdiri. Durasinya sekitar 3-10 detik, dan ulangilah latihan ini setiap 4 kali dalam satu hari.

  1. Jalan kaki

Bukan hanya senam ibu hamil, namun berjalan-jalan juga bisa mempercepat proses persalinan. Lakukan hal ini ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga, mengapa? Karena dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur rahim yang benar.

  1. Senam Jongkok

Senam ibu hamil ini di lakukan dengan cara posisi punggung ibu hamil di luruskan dan secara pelan-pelan turunkan badan sampai posisi ibu hamil jongkok, tahan posisi tersebut selama 10 detik dan kembalilah ke posisi berdiri secara perlahan. Ibu hamil bisa mengulangi gerakan tersebut beberapa kali dalam satu hari, hal ini di lakukan agar otot-otot serta panggul menjadi lebih kuat, sehingga bisa lebih memudahkan ibu hamil dalam proses persalinan.

  1. Miringkan panggul

Senam hamil dengan cara memiringkan bagian panggul juga bisa meningkatkan kekuatan otot bagian perut juga bisa meredakan sakit di bagian pinggang, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Posisikan tubuh ibu hamil seperti merangkak dengan posisi kepala sejajar dengan posisi punggung. Setelah itu, tengadahkan kepala ke atas sambil mengambil nafas dan melepas nafas. Ibu hamil bisa melakukan gerakan ini dengan sangat santai.

  1. Pose Tailor

Pse tailor ini juga di sebut dengan pose kupu-kupu jika di dalam yoga, posisi ini dilakukan dengan posisi duduk di lantai dan posisi punggung di luruskan di dinding. Untuk posisi kaki, kedua talapak kaki saling menyentuh rapat, serta dorong bagian lutut kea rah bawah agar menyentuh lantai. Manfaat dari gerakan ini yaitu guna melatih otot bagian paha serta mampu menghilangkan stress punggung bagian bawah ibu hamil.

Related Posts

Share This