5 Faktor Yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemalu

Setiap anak memiliki tahapan yang berbeda dalam proses perkembangan dan cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini sangat berkaitan dengan gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua. Sebagian anak ada yang mudah sekali untuk berinteraksi dengan lingkungannya, namun ada juga yang mengalami kesulitan sehingga tidak bisa bergaul dengan orang-orang disekitarnya.

Anak Pemalu

Sifat pemalu yang ada di dalam diri seorang anak biasanya tidak muncul begitu saja, akan tetapi ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut. Salah satunya anak tidak memiliki rasa percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga lebih memilih untuk menutup diri. Sifat pemalu ini sebaiknya tidak dibiarkan karena akan berdampak buruk terhadap perkembangan anak di masa depan. Anak pemalu cenderung tidak akan memiliki banyak teman dan kesulitan untuk berinteraksi ketika berada di luar rumah.

Faktor Yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemalu

  1. Pola asuh yang salah

Salah satu faktor yang menyebabkan anak menjadi pemalu yaitu pola asuh yang salah ketika masih bayi. Pola asuh yang terlalu memanjakan akan memicu sifat pemalu pada anak. Hal ini karena anak yang terlalu dimanjakan tidak akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi ketika berada di luar rumah tanpa didampingi orangtua. Anak yang terlalu di manjakan tidak akan mampu untuk mengatasi kesendirian dan tidak memiliki rasa percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain.

  1. Pengalaman atau kesan buruk

Sifat pemalu pada anak bisa di picu oleh pengalaman buruk yang pernah dialaminya. Contohnya yaitu ketika anak Anda menjadi pusat perhatian dalam sebuah pertunjukan maka hal tersebut akan membuat anak beranggapan bahwa tampil di depan orang banyak adalah hal yang memalukan. Kondisi seperti ini akan membuat anak merasa kapok untuk kembali tampil. Kejadian seperti ini akan membuat rasa percaya diri anak hilang. Kesan buruk akan berpengaruh terhadap pola pikir dan perilaku anak.

  1. Kurang bersosialisasi

Penyebab anak menjadi pemalu yang selanjutnya yaitu akibat dari pola asuh yang terlalu mengekang dan mengasingkan diri yang menyebabkan anak tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Hal ini tentunya akan membuat anak merasa malu ketika berada di tengah-tenagh orang banyak atau di depan publik.

  1. Tidak diperkenankan untuk berinteraksi

Anak yang tidak diberikan kesempatan untuk berinteraksi cenderung akan tumbuh dengan kepribadian yang lebih menutup diri dan menjadi pemalu. Mereka tidak tahu bagaimana caranya untuk berinteraksi sehingga lebih banyak diam ketika berada di keramaian.

Demikian 5 faktor yang menyebabkan anak menjadi pemalu. Apabila anak Anda tidak memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan cenderung pemalu maka sebaiknya Anda merubah pola asuh dan pola pembelajaran anak. Sifat pemalu pada anak bukan merupakan bagian dari proses perkembangan melainkan sebagai hasil pembelajaran yang dilihat anak dari lingkungan sekitar terutama lingkungan keluarga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517