5 Faktor Berbahaya yang Menyebabkan Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul merupakan salah stau jenis penyakit peradangan genital juga beberapa jaringan yang berada di sekitar peritoneum panggul. Peradangan panggul bisa terjadi pada satu bagian atau bahkan terjadi pada beberapa bagian yang bisa dibagi menjadi peradangan kronis serta akut.

Bagi mereka yang mengalami penyakit radang panggul, biasanya akan merasakan gejala yang tidak nyaman di bagian tubuh, demam dengan suhu yang rendah, munculnya rasa sakit di bagian bawah perut, darah haid yang keluar sangat banyak, keputihan yang juga bertambah banyak, adanya gangguan terhadap ovarium, bahkan adanya obstruksi saluran tuba yang bisa menyebabkan kemandulan. Dan ketika gejala-gejala ini mulai dirasakan, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya pada dokter, guna memperoleh penanganan yang tepat.

Penyakit radang panggul sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor berbahaya yang kerap kali Anda lakukan tanpa berhati-hati, dan berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit radang panggul, yaitu sebagia berikut:

1. Aktifitas kehidupan seksual dan jumlah pasangan

Kehidupan seksual atau berhubungan suami istri dengan radang panggul memiliki ikatan yang sangat erat, karena selain adanya infeksi primer, radang panggul ini juga bisa disebabkan oleh aktivitas seksual yang begitu aktiv atau berlebihan. Dan penting untuk Anda ketahui, bahwa setiap sperma yang dikeluarkan oleh pria mengandung bakteri, dan bakteri tersebut bisa menjadi penyebab dari peradangan yang terjadi pada panggul.

2.Tidak memperhatikan kebersihan hubungan seksual

Kaum remaja memiliki resiko terkena penyakit radang panggul yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orangtua. Dan hal ini dijelaskan berdasarkan analisis dari para ahli kedokteran di Negara barat. Mengapa demikian? Karena masa produktif serta aktivitas seksual yang belum tepat juga karena pasangan seksual yang memang tidak labil.

3.Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim

Umumnya, kaum wnaita yang memang menggunakan alat kontrasepsi di dalam rahim memiliki resiko jauh lebih besar terkena penyakit radang panggul. Karena jelas, jenis penyakit ini erat hubungannya dengan penggunaan alat kontrasepsi, misalkan seperti IUD yang mana memiliki ekor yang sangat rentan terhadap radang panggul, bagian ekor kawat yang memang lembah serta basah ini bisa dijadikan sebagai penompang kegiatan bakteri.

4.Riwayat penyakit radang panggul

Resiko penyakit radang panggul juga akan meningkat 2 kali lebih besar jika Anda memiliki keluarga yang sebelumnya juga mengalami penyakit yang berbahaya ini.

5.Pasangan tidak melakukan pengobatan total terhadap penyakit

Ketika Anda mengalami peradangan terhadap panggul, maka Anda harus segera mengatasinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena jika tidak segera di atasi atau pengobatan yang tidak tuntas, maka penyakit ini akan berubah menjadi penyakit yang jauh lebih berbahaya dari sbeelumnya.

Related Posts

Share This