5 Ciri Umum Anak Autis

Sudah menjadi bentuk tanggung jawab semua orangtua untuk memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, Anda harus mentetahui serta memahami ciri dari anak autis. Sehingga jika si kecil mengalami gejala atau ciri anak autis, maka Anda tetap bisa memaksimalkan pertumbuhan si kecil.

ciri ciri anak autis

Dan berikut ini ada beberapa ciri-ciri anak autis yang harus Anda pahami dan ketahui, yaitu sebagai berikut:

Gangguan Kemampuan Sosial

Ciri anak autis yang pertama yaitu sangat erat kaitannya dengan gangguan kemampuan social yang mana penderita dari aurisme ini berinteraksi dengan cara yang berbeda kepada orang lain. Untuk tingkat gelaja atau ciri yang ringan, ciri-ciri anak autis yang akan pertama kali muncul yaitu ia akan tampak seperti orang yang canggung ketika berhubungan dengan orang banyak, bahkan ia bisa mengeluarkan komentar yang bisa menyinggung perasaan orang lain. Bahkan mereka akan lebih cenderung menghindari kontak mata secara langsung.

Kesulitan Berempati

Akan sangat sulit bagi anak yang menderita penyakit autis untuk memahami perasaan orang-orang yang ada di sekitarnya, sehingga mereka akan sangat jarang berempati terhadap orang lain. Bahkan mereka juga akan sangat sulit untuk mengenali serta memahami bahasa tubuh atau bahkan intonasi bicara. Bahkan ketika mereka melakukan komunikasi, komunikasi yang terjadi cenderung bersifat satu arah.

Tidak Suka Kontak Fisik

Tidak sama seperti anak yang lainnya, sebagian besar anak-anak yang menderita autism tidak terlalu suka jika mereka di sentuh atau bahkan di peluk. Akan tetapi, tidak semua anak menunjukkan gejala yang sama. Ada beberapa diantaranya yang memang senang ketika mereka di sentuh ataupun di peluk.

Tidak Suka Suara Keras, Beberapa Aroma, dan Cahaya Terang

Pada umumnya anak-anak yang menderita autism akan merasa terganggu dengan suara-suara yang keras yang memang bisa mengagetkannya, adanya perubahan kondisi cahaya, serta terhadap perubahan suhu yang mendadak berubah. Dan diyakini bahwa hal yang membuat mereka merasa terganggu yaitu perubahan yang berlangsung secara mendadak.

Gangguan Bicara

Ciri-ciri autis terhadap anak juga bisa Anda lihat dengan cara mengetahui kemampuan bicara terhadap anak. Telah diketahui bahwa ada diantaranya 40% anak-anak autis yang memang tidak bisa berbicara atau mereka hanya mampu mengucapkan beberapa kata saja. Dan sekitar 25-30% lainnya mampu mengucapkan beberapa kata ketika usia mereka memasuki usia 12-18 bulan, akan tetapi setelah itu mereka akan kehilangan kemampuan dalam berbicara. Dan sisanya mereka bisa berbicara ketika usia mereka agak besar. Intonasi yang di keluarkan oleh penyandang autis ketika berbicara akan lebih cenderung datar serta bersifat formal. Bukan hanya itu, mereka juga suka untuk mengulang sejumlah kata atau bahkan frase tertentu, atau bahkan dikenal sebagai echolalia.

Related Posts

Share This