5 Cara Untuk Mencegah Bayi Meninggal Dalam Kandungan

Menjaga asupan nutrisi dan kesehatan selama menjalani kehamilan memang sangat penting. Jika salah satunya terganggu maka akan berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang terganggu bisa menyebabkan pembentukan organ janin terganggu pada kehamilan trimester awal. Bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan.

Janin meninggal dalam kandungan berbeda dengan keguguran. Pada dasarnya keguguran terjadi diusia kehamilan trimester pertama. Sedangkan janin meninggal dalam kandungan terjadi diusia kehamilan lebih darin 20 minggu atau lebih tepatnya trimester kedua. Bahkan janin meninggal bia terjadi menjelang proses persalinan.

Berikut Ini Cara Mencegah Terjadinya Bayi Meninggal Dalam Kandungan

  1. Istirahat Cukup

Menerapkan pola hidup sehat memang dianjurkan bagi setiap orang. Terlebih lagi bagi ibu hamil sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat. Bagi Anda yang sedang hamil disarankan untuk meluangkan waktu istirahat lebih banyak untuk menjaga imunitas tubuh. Ibu hamil yang tidak mendapatkan waktu istirahat cukup rentan terhadap infeksi mikroorganisme yang bisa mengancam tumbuh kembang janin.

  1. Hindari Alkohol dan Rokok

Jelas sekali bahwa rokok dan alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi ibu hamil. Bahaya rokok dan alkohol bagi ibu hamil yaitu bisa menyebabkan berat badan rendah, kelahiran prematur, keguguran dan bahkan janin meninggal dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya menghindari rokok atau paparan asap rokok dan alkohol untuk mencegah dampak burukĀ  bagi janin.

  1. Menjaga Kesehatan

Gangguan kesehatan memang sangat rentan menyerang ibu hamil. Hal ini kberhubungan dengan infeksi dari mikroorganisme seperti bakteri, jamur maupun virus. Dalam hal ini ibu hamil harus berhati-hati dan senantiasa menjaga kesehatan dari berbagai aspek , baik itu kebersihan makanan, tempat tinggal dan pakaian yang digunakan.

  1. Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Hamil

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksa kondisi kesehatan terlebih dahulu terutama kesehatan rahim. Pemeriksaan kesehatan tidak lain bertujuan untuk mencegah terjadinya resiko yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil. Kondisi kesehatan yang baik tentunya akan meminimalisir resiko janin meninggal dalam kandungan.

  1. Pemeriksaan Janin

Bagi Anda yang pernah mengalami kejadian buruk berkaitan dengan janin meninggal dalam kandungan maka bisa meminta tim medis untuk melakukan otopsi. Tujuannya yaitu untuk mengetahui penyebab kematian tersebut sehingga berguna untuk melakukan pencegahan pada kehamilan selanjutnya. Sebab kematian janin dalam kandungan bukan hanya disebabkan oleh faktor eksternal, namun bisa disebabkan oleh ketidakcocokan antara rhesus darah antara ibu dan janin.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah janin meninggal dalam kandungan. Terapkan pola hidup sehat, hindari aktivitas berbahaya, perhatikan asupan nutrisi dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This