5 Cara Tepat Mengobati Pinggang Sakit Saat Hamil

Ada sekitar 70% wanita hamil yang memang di pastikan akan mengalamiu permasalahan dalam masa kehamilannya, salah satunya yaitu pinggang sakit saat hamil, dan itu sangat mengganggu. Pada sebagian besar wanita, ada diantaranya yang mengalami pinggang sakit saat hamil di usia kehamilan yang masih muda, dan sebagian lainnya ada yang mengalami gangguan ini ketika menjelang masa persalinan.

Nah, jika Anda salah satu dari mereka, yang memang mengalami keluhan semasa kehamilan, maka berikut ini kami berikan beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang aman untuk kesehatan tubuh juga janin yang ada di dalam kandungan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada 3 penyebab umum yang memang di percaya sebagai pemicu munculnya keluhan sakit pinggang yang memang kerap kali di rasakan oleh kaum perempuan yang tengah dalam keadaan hamil, yaitu:

  1. Adanya perubahan hormon yang memang dapat mempengaruhi ligament juga sendi.
  2. Adanya beban di bagian perut yang bisa membuat perempuan cenderung lebih membungkuk baik ketika berjalan ataupun ketika duduk.
  3. Seta adanya tingkatan stress

Nah, guna mengatasi sakit pinggang saat hamil, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Jaga postur agar tetap tegak lurus

Baik ketika Anda tengah berdiri, berjalan atau bahkan duduk, maka sebaiknya Anda bisa menjaga postur tubuh Anda agar tetap tidak terbiasa untuk terus menerus membungkuk, Anda bisa menegakkan badan akan tetapi tetap dalam keadaan yang rileks, terutama ketika Anda duduk, bahkan sebaiknya Anda bisa menggunakan kursi yang memiliki alasa serta sandaran yang memang bisa mendukung tegaknya postur tubuh Anda.

Sama halnya ketika Anda akan meraih sjumlah benda yang memang ada di lantai, maka Anda harus membiasakan diri untuk berjongkok serta tidak membungkuk.

Hindari sepatu atau sandal bertumit tinggi

Sepatu atau bahkan sandal yang memiliki tumit tinggi hanya akan menyulitkan Anda ketika Anda berjalan dengan keadaan hamil, bahkan hal ini juga akan berpengaruh terhadap gangguan sakit pinggang yang Anda alami. Sebaiknya, Anda bisa menghindari untuk menggunakan jenis sepatu ini, jikapun Anda butuh, maka gunakanlah seperlunya dan jangan terlalu sering di masa kehamilan.

Lakukan rutinitas seperti biasa dan tetap aktif

Anda harus menghindari terlalu sering dan terlalu lama berdiam diri selama masa kehamilan. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang ringan, karena aktivitas ringan yang rutin Anda lakukan mampu membantu Anda guna mengurangi seriko terkena sakit pinggang ketika hamil.

Atur posisi tidur

Untuk posisi tidur, banyak para ahli yang menyarankan posisi tidur dengan posisi tidur menyamping serta hindarilah posisi tidur atau bahkan berbaring dengan posisi tubuh yang terlentang.

Lakukan pemijatan jika dirasa perlu

Jika Anda merasa terganggu dengan sakit pinggang yang Anda rasakan, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan terapi pijat ibu hamil guna mengurangi gangguan tersebut. Satu hal yang penting, yaitu Anda harus memastikan kalau Anda di pijat oleh orang yang memiliki pengalaman serta kemampuan memijat yang baik bagi ibu hamil.

Related Posts

Share This