5 Cara Tepat Mendidik Anak Untuk Bertanggung Jawab

Mungkin Anda sebagai orangtua saat ini tengah mencari cara untuk mendidik anak agar ia mampu menjadi orang yang bertanggung jawab. Jika Anda telah mencoba segala cara namun tidak kunjung berhasil, mungkin Anda bisa melakukan ketujuh cara di bawah ini guna mendidik anak untuk menjadi orang yang bertanggung jawab.

Nah, berikut ini ada 7 cara mendidik anak usia dini yang bisa Anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Beri beberapa tanggung jawab

Ketika si kecil mulai memahami apa yang Anda katakana, biasanya di usia 3 tahun, maka masa ini merupakan masa awal yang baik untuk Anda mengajarkan kepada si kecil tentang tanggung jawab. Anda bisa meminta si kecil untuk mengembalikan mainan yang telah di mainkan ke tempat penyimpanan biasa, dan hal ini bisa menjadi satu didikan awal untuknya.

Dan ketika si kecil sudah mulai dimasukkan di pendidikan anak usia dini, maka Anda juga bisa memberikan tanggung jawab kepadanya, misalnya dengan cara sedikit memberikan uang saku yang lebih, agar ia bisa belajar untuk mengelola uangnya sendiri.

  1. Biarkan dia belajar mengambil keputusan

Anda bisa memberikan anak kesempatan agar ia bisa memilih beberapa pilihan sendiri, dan hal ini bisa mengajarkan kepadanya bentuk tanggung jawab. Cara ini juga bisa membuat si kecil menjadi mandiri.

  1. Latihan menjalankan tugas

Salah satu cara agar bisa menguasai segala bentuk keahlian yaitu dengan melalui praktek. Agar anak bisa menjadi seseorang yang mandiri, maka Anda bisa membiarkan si kecil untuk mengatasi tugasnya sesuai dengan usia, misalkan seperti berpakaian, atau bahkan menyelesaikan pegerjaan rumahnya.

  1. Memberi contoh baik

Tanggung jawab Anda sebagai orangtua yaitu memberikan contoh yang baik untuk si kecil. Anda harus selalu menpati janji yang memang telah Anda ucapkan sendiri kepada si kecil, karena hal ini juga merupakan salah satu cara dalam memberikan contoh yang baik untuknya.

  1. Manfaatkan buku

Perlu bunda ketahui, kalau buku cerita untuk Anak banyak mengandung pesan-pesan. Oleh karena itu, ketika Anda memiliki waktu untuk membacakan cerita kepada si kecil, maka Anda bisa memilih jenis buku yang memang menggambarkan bentuk tanggung jawab. Anda juga bisa memilih jenis buku yang memiliki karakter tokoh juga setiing yang menarik, agar si kecil bisa memperhatikan dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa ANda lakukan dalam proses mendidik anak agar si kecil bisa menjadi orang yang bertanggung jawab kelak di kemudian hari. Semoga di artikel kali ini yang membahas cara mendidik anak di usia dini bisa membantu Anda dalam memberikan pendidikan yang baik kepada si kecil.

Related Posts

Share This