5 Cara Tepat Atasi Anak Susah Makan Sayuran

Ketika anak susah makan sayuran, bunda bisa mencoba meletakkan satu mangkuk sayuran tepat di depan si kecil, dan lihat apa yang mereka lakukan? Tersenyum dan langsung memakan sayuran yang ada di dalam mangkuk, atau bahkan dia memperlihatkan ekspresi tidak suka?

Jika bunda memiliki anak yang susah untuk mengkonsumsi sayuran, bunda tidak usah khawatir kalau gizi si kecil tidak terpenuhi. Karena banyak diantaranya di luaran sana anak-anak yang memang juga sama tidak menyukai sayuran. Dan bunda harus lebih cermat dalam mengatasi anak susah makan sayuran.

cara mengatasi anak susah makan

Jadi bagaimana cara mengatasi anak susah makan sayuran? Pada kesempatan ini, kami akan memberikan sejumlah tips bagi bunda yang memiliki anak susah makan sayuran agar si kecil mau untuk mengkonsumsi sayuran yang bunda siapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Sajikan Makanan Favorit Anak Anda

Bunda bisa mencari tahu apa makanan yang paling di sukai oleh si kecil. Dengan begitu, bunda bisa mengganti beberapa bahan makanan yang di sukai si kecil dengan menggunakan sayuran ketika membuatnya. Atau bahkan bunda juga bisa menambahkan sayuran ketika bunda akan menyiapkan makanan yang di sukai si kecil, misalkan seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spaghetti dan bahkan es krim. Dengan begitu si kecil yang pada awalnya tidak menyukai sayuran secara tidak langsung mulai bisa menyantap sayuran yang bunda siapkan dengan makanan favoritnya.

  1. Tawarkan Mereka Macam-macam Sayuran

Mungkin si kecil akan menolak untuk memakan sayuran yang bunda siapkan di atas meja makannya, namun itu bukan berarti bunda harus berhenti untuk menawarkan sayuran kepada si kecil. Namun sebaliknya, bunda harus tetap menyajikan sayuran setiap si kecil mau makan. Jika si kecil mulai terbiasa melihat sayuran di atas meja yang bunda siapkan, mungkin nantinya lambat laun ia mau untuk mengkonsumsi sayuran tersebut.

  1. Beri Contoh Yang Baik

Bunda bisa memberikan contoh yang baik kepada si kecil, dengan menunjukkan bahwa Anda juga sangat menikmati sayuran tersebut. Jika si kecil melihat bunda melakukan hal itu, pastinya ia akan penasaran dengan rasa dari sayuran tersebut dan mencoba untuk mengkonsumsinya walaupun secara sedikit demi sedikit.

  1. Buat Waktu Makan Jadi Menyenangkan

Bunda jangan pernah memaksa si kecil untuk memakan sayuran yang memang tidak ia sukai, bahkan bunda juga jangan pernah menjejali mereka dengan sayuran ketika mereka makan. Karena hal tersebut bisa saja membuat si kecil merasa bad mood terhadap sayuran yang selalu bunda siapkan, dan beranggapan bahwa makan merupakan saat-saat yang paling membosankan juga mengerikan.

  1. Kreatif Dalam Sajikan Sayuran

Bunda bisa menyajikan sayuran dengan beragam warna. Selain itu, bunda juga bisa memotonmg sayuran menjadi berbagai macam bentuk yang berbeda. Atau bahkan bunda juga bisa menambahkan mie yang dibentuk menjadi huruf pada sup sayuran yang bunda sajikan. Dengan begitu, mungkin si kecil mau untuk mengkonsumsi sayuran yang telah bunda sajikan.

Beberapa langkah di atas hanyalah merupakan langkah awal yang bisa bunda lakukan agar si kecil mau mengkonsumsi sayuran yang bunda siapkan. Namun bunda juga bisa melakukan beberapa cara lain agar si kecil mau mengkonsumsi sayuran.

Related Posts

Share This