5 Cara Sederhana Dan Ampuh Mengatasi Kulit Kering Agar Kulit Lembab

Kulit kering dan mengelupas adalah salah satu permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele. Kondisi tersebut akan mengganggu kesehatan kulit dan mengganggu penampilan. Bahkan bagi wanita, kulit kering akan menjadi salah satu kendala yang menyulitkan dalam mengaplikasikan kosmetik. Maka dari itu penanganan dan mengatasi kulit kering dengan cara yang benar sangat perlu untuk dilakukan.

Pada dasarnya kulit kering bisa dipicu oleh berbagai faktor penyebab seperti penyakit alergi ataupun kesalahan dalam melakukan perawatan kulit. Dismaping itu, kulit kering juga bisa diakibatkan kekurangan nutrisi pada kulit, terutama vitamin dan mineral.

Kulit kering sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja dan segera lakukan penanganan dnegan benar sehingga kembali lembap. Berikut cara penanganan kulit kering yang bisa Anda lakukan:

1. Air Panas

Jangan pernah mencuci wajah menggunakan air panas karena tindakan tersebut akan menyebabkan minyak pada wajah menjadi hilang. Kelembapan kulit akan terganggu sehingga timbul kulit kering. Sebaiknya Anda menggunakan air dingin untuk membersihkan wajah sehingga kelembapannya tetap terjaga dengan baik.

2. Pencuci Wajah

Jika Anda sering menggunakan pencuci wajah maka harus selektif dalam memilih produk perawatan tersebut. Pilihlah pencuci wajah yang memiliki pH sesuai dengan kulit wajah, tidak mengandung pewangi dan alkohol. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering sebaiknya memilih pencuci wajah yang mengandung gliserin dan seramid.

Setelah Anda selesai mencuci wajah sebaiknya keringkan dengan cara menepuk-nepuk secara pelan menggunakan handuk. Jangan menggosok wajag karena akan menyebabkan kulit wajah teriritasi dan menyebabkan luka.

3. Pelembab Wajah

Setelah mencuci wajah dan kondisi kulit masih lembap maka oleskan krim pelembap untuk menginci kelembapan pada wajah. Jangan mengoleskan pelemba[ setelah kulit kering karena justru anak menurunkan khasiatnya.

Pilihlah pelembap wajah yang mengandung gliserin, seramid, asam laktat, asam stearat dan dimethicone. Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol, pewangi, retinoid dan AHA karena bisa menyebabkan kulit kering semakin .parah.

4. Nutrisi

Penuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti vitamin dan asam lemak omega-3. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter setip hari untuk menghidrasi kulit supaya tidak kering.

5. Tabir Surya

Gunakan tabir surya untuk melindungi bagian kulit wajah dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan kelembapan kulit. Perawatan yang benar akan menghindarkan kulit dari kekeringan. Jangan sembarangan menggunakan produk untuk kulit karena sangat beresiko terhadap kerusakan. Perlu Anda ketahui kbahwa kulit merupakan salah satu bagian yang paling sensitif terhadap kerusakan. Yang terpenting perhatikan juga asupan nutrisi. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This