5 Cara Mudah Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit adalah salah satu jenis sel kanker yang terdapat pada kulit yang abnormal. Umumnya, penyebab dari kanker kulit ini berbeda-beda. Dan kanker kulit ini juga biasanya menyerang orang-orang yang memang sudah lanjut usia, dengan usia rata-rata 51-60 tahun, dan kaum pria lah yang lebih mendominasi jika di bandingkan dengan wanita.

Ada beberapa ahli yang menyebutkan, bahwa penyebab utama dari kanker kulit ini yaitu adanya paparan matahari secara langsung. Kandungan sinar matahari yang berupa ultraviolet ini ternyata mampu merusak sejumlah sel kulit pada tubuh, maka dari itu, penting bagi kita untuk melindungi kulit kita agar tetap dalam keadaan sehat.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah kanker kulit, yaitu sebagai berikut:

1. Menghindari kulit dari sinar matahari langsung

Pada sekitar jam 10 pagi sampai jam 4 sore, merupakan jam-jam dimana matahari memancarkan sinarnya yang kuat daripada jam-jam lainnya. Ketika Anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan, maka sebaiknya Anda menggunakan cream atau bahkan menghindari sengatan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi atau bahkan paying.

2. Memberikan nutrisi pada kulit dengan cukup

Keadaan kulit yang kering juga kusam merupakan salah satu keadaan kulit yang tidak sehat, namun bukan berarti keadaan kulit tersebut merupakan keadaan kulit yang terkena sel kanker. Namun jika hal tersebut diabaikan, maka bisa berujung pada hal yang jauh lebih serius.

Kurangnya vitamin pada kulit ternyata mampu mengurangi kinerja kulit Anda pada tubuh. Dengan Anda mengkonsumsi vitamin D serta mengkonsumsi makanan yang memang memiliki kansungan vitamin yang banyak, maka bisa memberikan nutrisi yang cukup pada kulit.

3. Menggunakan sunscreen sebelum bepergian

Menggunakan cream sunscreen sebelum Anda keluar rumah merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah kanker kulit, karena cream ini mampu melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang menyengat.

4. Usahakan selalu di tempat yang teduh

Anda bisa mencari tempat yang teduh ketika Anda tengah beraktivitas di luar ruangan, sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai tubuh dan kulit Anda. Atau bahkan, jika memang perlu Anda bisa menggunakan pakaian yang tidak terlalu terbuka, misalkan menggunakan pakaian panjang.

5. Waspada terhadap awan

Diketahui, walaupun sinar matahari tidak terik, namun sinar matahari ini mampu menembus awan. Bahkan, 80% sinar matahari mampu menembus awan, cahaya bahkan kabut yang memang bisa merusak kesehatan kulit Anda.

Maka dari itu, dengan Anda menggunakan pakaian yang tertutup, maka kulit Anda akan terjaga dan terlindungi dari serangan tersebut jika di bandingkan dengan Anda hanya menggunakan pakaian yang pendek.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna menghindari kulit dari serangan sel kanker. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This