5 Cara Mudah Agar BAB Lancar Pada Si Kecil

Pada kesemaptan ini, kami akan memberikan beberapa cara kepada bunda agar BAB lancer pada si kecil. Perlu bunda ketahui, bahwa pola buang air besar (BAB) pada bayi memang masih berubah-ubah. Bagi bayi yang baru saja lahir, normalnya ia akan BAB sebanyak 4 kali setiap harinya. Dan biasanya kondisi seperti ini akan berlangsung sampai usia bayi menginjak 7 hari. Sedangkan untuk anak yang berusia 2 tahun, akan menjadi hal yang normal jika ia BAB sebanyak 1 sampai 2 kali setiap harinya. Dan untuk anak yang masih berusia 4 tahun, pola BAB nya hampir sama dengan pola BAB orang-orang dewasa.

Jika bunda melihat kalau BAB pada si kecil teratur, maka hal seperti ini merupakan salah satu pertanda bahwa si kecil memiliki sistem tubuh dalam keadaan baik serta sehat. Mengapa? Karena membuang sejumlah zat sisa atau bisa disebut dengan kotoran merupakan salah satu hal penting, dan hal tersebut sekaligus menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan si kecil ada dalam keadaan baik.

Skin-Uses

Akan tetapi, jika bunda mengamati si kecil dengan baik dan cermat, biasanya dalam satu hari si kecil tidak melakukan BAB, atau dalam artian lain bayi susah BAB. Jika hal ini terjadi pada si kecil, maka sebaiknya bunda tidak langsung untuk panik ataupun khawatir, karena usu besar si kecil mungkin tengah membutuhkan waktu yang lebih lama guna menyesuaikan diri. Bukan hanya itu, terkadang si kecil juga tidak teratur dalam melakukan BAB, dan biasanya hal ini disebabkan oleh pertumbuhan si kecil yang tengah mengalami percepatan. Dan hal ini akan terjadi pada si kecil ketika usia mereka menginjak 2-4 bulan.

Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan guna mengatasi susah BAB pada bayi, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:  Kiat Memilih Mainan Untuk Bayi Sesuai Tahapan Usia
  1. Menggerak-gerakan Kaki Bayi Secara Perlahan

Agar si kecil lancer dalam melakukan BAB, maka bunda bisa melakukan cara dengan membuat si kecil berbaring di atas tempat tidur dengan posisi senyaman mungkin, setelah itu bunda pegang kedua pergelangan kaki si kecil secara perlahan. Kemudian, bunda bisa menggerakan kedua kakinya secara perlahan seolah tengah mengayuh sepeda, dan hal ini perlu bunda lakukan guna merangsang usu besar si kecil sehingga membantu si kecil dalam melepaskan gas juga kotoran yang mungkin saat itu tengah tersendat serta terjebak dengan cepat.

  1. ASI

ASI bukan hanya bermanfaat untuk asupan gizi juga nutrisi untuk si kecil, namun ASI juga memiliki manfaat agar BAB lancer pada si kecil. Mengapa? Karena di dalam ASI mengandung kolestrum yang memang mampu membantu BAB si kecil lancer. Dan hal ini tidak akan sama ketika si kecil mengkonsumsi susu formula, oleh karena itu sebaiknya bunda memberikan ASI untuk asupan gizi juga nutrisi si kecil.

  1. Berikan Pijatan Pada Perut Bayi

Ketika bunda mendapatkan si kecil tidak BAB selama satu hari penuh, maka bunda bisa memberikan sedikit pijatan pada bagian perut si kecil secara perlahan dengan menggunakan minyak kelapa yang telah bunda hangatkan. Dan hal ini akan membantu si kecil dalam meringankan perutnya, sehingga ci kecil bisa membuang kotoran yang ada di dalam tubuhnya.

  1. Berikan Ramuan Madu yang Dicampur Air Hangat

Bukan hanya dengan ASI, namun ketika si kecil susah untuk BAB, bunda juga bisa memberikan satu sendok madu alami yang telah bunda campurkan dengan satu gelas kecil air hangat, setelah itu bunda masukan campuran madu dengan air hangat itu kedalam botol susu. Namun bunda juga bisa memberikan campuran madu tersebut dengan menggunakan sendok secara langsung. Karena campuran madu dengan air hangat ini sangat ampuh untuk membantu si kecil mengeluarkan kotoran yang ada di dalam tubuhnya.

  1. Rendam Menggunakan Air Hangat
Baca Juga:  Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pada Bayi Baru Lahir

Apakah bunda tahu, dengan memandikan si kecil dengan air hangat mampu menenangkan tubuhnya? Dan hal ini sudah terbukti baik untuk orang dewasa maupun untuk si kecil. Bunda bisa merendam tubuh si kecil di dalam air hangat guna meringankan keadaan perut si kecil, agar si kecil dapat membuang kotoran dengan mudah.

Nah, itulah kelima cara yang bisa bunda lakukan ketika bayi susah BAB serta agar BAB lancer pada si kecil. Semoga tips atau cara mengatasi susah bab pada bayi ini bisa sangat membantu bunda. Semoga berhasil!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517