5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Anak

Cara menjaga daya tahan tubuh anak. Penting untuk Anda ketahui, bahwa seorang anak tidak akan terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan baik, sehingga Anda perlu mencari cara menjaga daya tahan tubuh si kecil dengan baik.

Mungkin, ketika berada di dalam rahim, si kecil akan terlindungi dengan baik. Namun, ketika ia terlahir ke dunia, maka ia akan terpapar oleh berbagai macam jenis penyakit, bakteri bahkan virus. Dan inilah salah satu alasan mengapa si kecil sangat rentan terserang penyakit, dan Anda sebagai orangtua harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Nah, agar Anda bisa menjaga daya tahan tubuhnya, maka pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak agar si kecil tidak mudah terserang penyakit, yaitu sebagai berikut:

  1. Pastikan diberi ASI

Memang benar, ASI atau air susu ibu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Bukan hanya itu, ternyata ASI juga memiliki bentuk keistimewaan yang lain, diantaranya yaitu mampu menurunkan resiko bayi terkena obesitas, bahkan ASI juga mampu meningkatkan ikatan batin antara ibu juga bayi.

  1. Makanan segar

Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan stau hal yang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Dengan mengkonsumsi makanan yang segar, maka dengan sendirinya sistem kekebalan tubuh akan meningkat dengan baik. Maka dari itu, Anda bisa menyertakan pula buah atau bahkan sayur menjadi daftar makanan harian untuk si kecil. Dan makanan segar ini bisa menjadi pengganti biskuit atau bahkan keripik untuk makanan selingan anak.

  1. Hindari makanan cepat saji dan olahan

Pastinya setiap anak sangat menyukai jenis makanan ini, namun bukan berarti jenis makanan ini merupakan makanan yang sehat untuk si kecil. Karena pasalnya, di dalam jenis makanan tersebut terdapat beberapa jenis kandungan kimia serta zat adiktif yang bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh anak. Maka dari itu, usahakan untuk Anda tidak menerapkan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji pada anak.

  1. Kebersihan pribadi

Anda harus bisa menanamkan kebiasaan hidup sehatp kepada si kecil, yaitu dengan cara menjaga kebersihan pribadi dengan cara mencuci tangan si kecil dengan menggunakan sabun setelah si kecil keluar dari kamar mandi atau bahkan sebelum makan. Dan hal ini penting untuk di lakukan orangtua guna menjaga kebersihan pribadi si kecil.

  1. Tidur yang cukup

Penting untuk Anda ketahui, bahwa anak-anak juga membutuhkan jam atau waktu tidur yang lebih lama jika di bandingkan dengan orang dewasa. Hal ini bertujuan agar si kecil tetap sehat. Karena jika si kecil memilikiporsi tidur yang tidak cukup, maka bisa menurunkan kinerja serta sistem kekebalan tubuh si kecil.

Related Posts

Share This