5 Cara Menidurkan Bayi Yang Rewel

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah kualitas tidur yang baik. Hal ini karena proses pertumbuhan lebih banyak terjadi pada waktu si kecil tidur. Jika waktu istirahatnya terganggu maka hal tersebut akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam hal ini Anda harus membiasakan waktu tidur yang teratur dan mengetahui cara menidurkan bayi supaya mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Sebagian bayi mungkin sangat mudah untuk ditidurkan pada malam hari karena kebiasaan waktu tidur yang teratur. Namun banyak juga bayi yang susah tidur dan rewel sehingga kondisi tersebut dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhannya. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips dan informasi tentang cara cepat menidurkan bayi yang rewel.

Berikut Cara Menidurkan Bayi Yang Rewel

Jika si kecil susah tidur dan rewel pada malam hari, sebaiknya Anda bersikap tenang sehingga bisa menanganinya dengan baik dan lakukan beberapa cara menidurkan bayi yang rewel dibawah ini:

  1. Ayun-ayun

Salah satu cara menidurkan bayi yang rewel yaitu ditenangkan terlebih dahulu dengan menggunakan ayunan atau digendong. Gerakan mengayun-ayunkan dinilai sangat efektif untuk membuat si kecil tenang dan nyaman. Selain menggunakan ayunan atau digendong, Anda juga bisa menggunakan kasur goyang khusus bayi. Cara seperti ini dinilai sangat efektif untuk membuat si kecil tertidur lelap.

  1. Perhatikan penggunaan selimut

Jika si kecil rewel dan susah tidur pada malam hari, pastikan terlebih dahulu penyebabnya. Bisa jadi si kecil kedinginan ataupun kepanasan. Pada dasarnya cuaca dingin pada malam hari bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman dan begitupun sebaliknya. Penggunaan selimut harus disesuaikan dengan kondisi suhu di ruangan tersebut.

  1. Gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang

Cahaya lampu yang terlalu terang bisa menjadi salah satu faktor penyebab si kecil susah tidur dan rewel. Maka dari itu sebaiknya pencahayaan lampu di tempat tidur si kecil tidak terlalu terang. Gunakanlah lampu tidur dengan cahaya redup. Dengan begitu diharapkan akan membuat si kecil tertidur lelap.

  1. Musik

Cara lain untuk membuat si kecil tenang dan tidur pada malam hari yaitu dengan memutar musik yang bernada lembut. Cobalah putar musik klasik khusus untuk bayi dengan suara yang tidak terlalu keras. Terapi musik ini dinilai sangat efektif untuk membuat si kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  1. Pengaturan kamar tidur bayi

Gunakan box khusus untuk tempat tidur bayi yang terpisah dari Anda.  Sesuaikan juga penggunaan selimut dan gunakan warna cat kamar yang bersifat netral. Selain itu, jangan menggunakan pewangi ruangan karena lbisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan si kecil.

Itulah 5 cara menidurkan bayi yang rewel pada malam hari. Selain beberapa cara diatas, pastikan juga kalau kebutuhan si kecil sudah terpenuhi. Sebab jika bayi dalam keadaan lapar pasti susah tidur dan cenderung rewel.

Related Posts

Share This