5 Cara Mengolah Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan sehat untuk anak bisa dengan mudah kita jumpai di supermarket dalam bentuk instan. Akan tetapi makanan siap saji tersebut sebaiknya jangan terlalu sering diberikan pada anak. Kandungan nutrisi dari makanan siap saji tidak akan sepenuhnya bisa mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Hal ini karena makanan instan meskipun tergolong sehat dan khusus untuk anak, namun kandungan gizinya rendah.

Mengolah dan menyiapkan sendiri makanan untuk anak nampaknya lebih baik dan lebih aman. Makanan yang diolah sendiri lebih terjamin dari segi kebersihan dan kandungan gizinya. Selain itu, si kecil juga bisa mendapatkan makanan yang bervariasi dan kandungan gizi yang lebih banyak. Maka dari itu mulai saat ini biasakan untuk menyiapkan sendiri makanan untuk si kecil, jangan hanya mengandalkan produk instan.

Berikut Cara Mengolah Makanan Sehat Untuk Anak

  1. Brokoli

Brokoli tergolong salah satu jenis makanan sehat dari kelompok sayuran yang baik untuk mencukupi kebutuhan gisi si kecil. Brokoli kaya akan kandungan asam folat, kalsium dan juga serat. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil dalam setiap tahap perkembangannya.

Cara mengolah brokoli untuk anak yaitu dengan mengukus dan memotongnya menjadi ukuran kecil-kecil. Biarkan hingga dingin dan sajikan untuk anak. Memberikan brokoli kukus bisa menjadi salah satu cara dalam melatih anak untuk belajar mengunyah makanan dan menyukai sayuran.

  1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan lemak baik yaitu asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Cara terbaik untuk menyajikan alpukat yaitu dengan membuat puree atu dikombinasikan dengan makanan lain seperti apel dank rim keju.

  1. Yoghurt

Makanan yang satu ini bisa diperkenalkan pada bayi ketika menginjak usia 6 bulan atau sudah mendapatkan MPASI. Kandungan nutrisi yang tinggi pada yoghurt berguna untuk meningkatkan imun anak. Bahkan kandungan kalsium serta vitamin D pada yoghurt bermanfaat dalam memelihara kesehatan tulang.

Yoghurt bisa Anda sajikan langsung karena teksturnya lembut sehingga lebih mudah untuk di telan oleh si kecil. Selain itu bisa juga dikombinasikan dengan makanan lain supaya lebih bervariasi seperti menambahkan pisang atau jeruk.

  1. Jeruk Mandarin

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Fungsinya yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Sajikan jeruks dengan potongan kecil-kecil untuk memudahkan si kecil dalam menelannya. Selain itu, jeruk bisa diberikan dalam bentuk jus.

  1. Blueberry

Buah yang satu ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak bayi karena kaya akan kandungan antioksidan. Blueberry bisa diberikan pada bayi dengan cara melumatkan dan mencampurkannya dengan yoghurt.

Itulah cara mengolah makanan sehat untuk anak. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517