5 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi. Keadaan hidung yang tersumbat pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman, sama halnya pada bayi. Ketika hidung si kecil tersumbat, maka pastinya si kecil akan merasa tidak nyaman, dan ia akan terus-menerus rewel.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatasi hal ini. Dan di bawah ini ada 5 cara menghilangkan hidung tersumbat pada bayi yang bisa Anda praktekkan di rumah, yaitu sebagai berikut:

1. Larutan Garam

Sejak dulu, air garam dipercaya mampu mencairkan ingus yang menyumbat hidung, memperlancar cumbatan pada hiudng, serta mengembalikan kelembaban secara almi bagian selaput yang ada di dalam hidung.
Caranya cukup mudah, Anda larutkan satu sendok teh garam kedalam setengah gelas air hangat, dan masukkan larutan tersebut kedalam botol semprotan hidung, atau bahkan Anda bisa menggunakan pipet bayi. Teteskan cairan tersebut kedalam hidung bayi sebanyak dua tetes. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam satu hari.

2. Hangatkan Bayi

Memberikan rasa hangat kepada bayi ketika hidung mereka tersumbat pastinya bisa melegakan pernapasan si kecil dan akan memberiksan rasa nyaman. Nah, Anda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat, dan berjemur di pagi hari. Dengan begitu, si kecil akan merasakan hangat dan membantu melegakan keadaan hidungnya yang tersumbat.

3. Pijat Hidung Bayi

Anda bisa memberikan pijatan yang lembut pada dearth T, yaitu daerah atas hidung dan alis. PIjatlah di kecil dengan menggunakan olesan minyak telon, dan itu akan membantu si kecil dalam melegakan hidung bayi yang tengah tersumbat.
Nah, untuk mengeluarkan lendir, maka Anda bisa memberikan tekanan yang lembut dengan menggunakan cotton bud atau bahkan dengan menggunakan sapu tangan ke sekitar lubang hidung si kecil.

4. Atur Posisi Tidur

Ketika si kecil tertidur, Anda juga dianjurkan untuk mengatur posisi tidurnya. Karena mengatur posisi tidur si kecil bisa membantu untuk melegakan pernapasannya. Anda bisa menidurkan si kecil dengan posisi miring, cara ini efektif jika yang tersumbat hanya hidung yang sbeelah dan tidak dua-duanya.
Maka dari itu, jika hidung kiri yang tersumbat, maka Anda bisa memiringkan posisi tidur si kecil ke sebelah kanana, begitupun sebaliknya. Dan ketika hidung si kecil tersumbat, Anda harus mengusahakan agar posisi kepala si kecil lebih tinggi dari posisi badannya dengan menggunakan bantal.

5. Penyedot Ingus

Dan ini merupakan cara yang terakhir, jika ingus si kecil masih belum bisa keluar dan tetap menyumbat hidungnya, maka Anda bisa menggunakan penyedot ingus yang memang di khususkan untuk bayi.
Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hidung si kecil tersumbat. Semoga membantu!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517