5 Cara Mengejan yang Benar Saat Melahirkan

Ketika Anda akan melangsungkan proses persalinan, maka Anda harus mengetahui cara mengejang yang benar saat melahirkan. Walaupun belakangan ini banyak diantaranya wanita hamil yang lebih memilih melakukan operasi sesar untuk melangsungkan proses persalinan jika dibandingkan dengan persalinan normal, walaupun mereka dinyatakan masih bisa melahirkan dengan normal. Namun dengan begitu bukan berarti Anda tidak harus melakukan mengejan saat melahirkan, walaupun Anda akan melakukan proses persalinan dengan cara operasi sesar, namun setidaknya Anda harus mengetahui cara mengejan yang benar saat melahirkan.

Mengejang di saat proses persalinan jika tidak di lakukan dengan cara yang benar bisa berersiko terkena serangan udem partio, atau dalam artian lain terjadinya kelainan atau bahkan pembengkakan di sekitar rahim. Dan pembengkakan ini akan terjadi karena bibir kemaluan Anda terlalu banyak mengalami dorongan, sementara itu keadaan Anda masih belum siap untuk menerima tekanan yang terlalu kuat. Jika rahim Anda mengalami pembengkakan, maka jalan lahir secara normal akan tertutup dengan sendirinya. Maka dari itu, Anda harus memahami dan melakukan cara mengejan yang benar ketika Anda akan melahirkan.

Umumnya, cara mengejang yang benar saat melahirkan tidak jauh berbeda dengan Anda akan mengejang ketika buang air besar. Namun yang berbeda yaitu prosesnya yang jauh lebih lama serta memerlukan tenaga yang besar. Namun ketika Anda akan melakukan persalinan, bukan hanya cara mengejang yang benar saat melahirkan yang harus Anda perhatikan, namun Anda juga harus memperhatikan posisi saat melahirkan agar Anda juga lebih mudah mengambil tenaga saat akan mengejang.

Di bawah ini ada beberapa cara mengejang yang benar ketika Anda akan melahirkan yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika Anda akan mengejang, maka sebaiknya Anda membuka mata Anda. Karena mengejang akan sangat membutuhkan tenaga yang kuat, serta adanya koordinasi dengan sejumlah otot yang ada di dalam tubuh Anda, termasuk bagian mata. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuka mata Anda ketika mengejang.
  2. Mulailah mengejang ketika Anda mendapatkan perintah dari bidan atau dokter. Dikarenakan tidak adanya kuasa dalam menahan sakit dan banyak diantaranya ibu-ibu hamil yang ingin segera selesai, maka tidak sedikit mereka yang berusaha mengejan dengan secepatnya. Padahal mengejang sebaiknya di lakukan pada waktu yang pas. Maka dari itu mengejanglah ketika bidan atau dokter sudah memerintahkan.
  3. Sebaiknya ketika mengejan Anda tidak berteriak, karena berteriak hanya akan membuat Anda merasa cepat lelah. Dan rasa lelah yang Anda alami bisa membuat tenaga Anda untuk mengejan cepat habis. Sehingga proses persalinan yang Anda alami akan terasa sangat lama bahkan akan terasa sangat menyakitkan.
  4. Bukalah mulut Anda ketika Anda mengejan. Hal ini harus Anda lakukan agar Anda bisa menambah oksigen yang langsung masuk kedalam mulut Anda yang kemudian nafas Anda akan terasa lebih panjang.

5. Ketika Anda tengah melangsungkan proses persalinan, ada baiknya jika Anda tidak mengangkat bokong Anda. Bahkan banyak diantaranya para ahli yang menyarankan agar posisi Anda setengah duduk ketika Anda melakukan persalinan. Dan cara ini dinilai merupakan salah satu cara yang efektif juga memperbesar adanya dorongan ketika Anda akan mengeluarkan janin yang ada di dalam kandungan. Dengan begitu, sebaiknya Anda tidak mengangkat bangian bokong Anda ketika Anda melangsungkan proses persalinan.

Related Posts

Share This