5 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi

Susah buang air besar pada bayi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi. Faktor penyebabnya sangat beragam yaitu salah satunya berasal dari makanan ataupun karena sistem pencernaan bayi belum sepebuhnya bisa bekerja dengan sempurna. Pada dasarnya buang air besar pada bayi memang kerap kali berubah-ubah. Secara umum bayi yang baru lahir akan buang air besar sebanyak 4 kali setiap harinya. Namun jika si kecil tidak buang air besar seharian maka perlu diwaspadai karena bisa menjadi indikasi adanya gejala sembelit pada bayi.

Buang air besar yang teratur merupakan salah satu tanda bahwa si kecil dalam keadaan sehat. Hal ini karena membuang zat sisa berupa kotoran adalah salah satu kegiatan tubuh yang sangat penting dan menandakan bahwa sistem pencernaan bayi berfungsi normal. Lalu bagaimana cara mengatasi susah buang air besar pada bayi?

Berikut Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Bayi

  1. Pemberian ASI

Jika si kecil kesulitan buang air besar maka salah satu cara yang harus Anda lakukan yaitu dengan tetap memberikan ASI. Hal ini karena ASI sangat berguna dalam memnperlancar pencernaan atau buang air besar. Didalam ASI terkandung kolostrum yang bermanfaat dalam melancarkan buang air besar pada bayi secara teratur. Hindari pemberian susu formula sebab komposisinya berbeda dengan ASI.

  1. Menggerakan Kaki Bayi Secara Perlahan

Posisikan bayi berbaring ditempat tidur senyaman mungkin, lalu pegang kedua pergelangan kaki secara perlahan. Kemudian gerakan secara perlahan kedua pergelangan kaki bayi dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Gerakan seperti ini akan membantu menstimulus usus besar bayi sehingga secara perlahan akan membuat kotoran keluar.

  1. Pijatan Pada Perut Bayi

Selain gerakan kaki, Anda juga bisa melakukan pijatan lembut pada bagian perut bayi menggukan minyak telon atau minyak kelapa. Pijatan lembut akan membantu meringankan gangguan sembelit sehingga kotoran akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Mandi Air Hangat

Anda bisa memandikan si kecil menggunakan air hangat sebagai salah satu terapi memperlancar buang air besar. Cara ini terbukti bisa membantu memperlancar buang air besar pada bayi jika dilakukan dengan benar.

  1. Berikan Air Hangat Campur Madu

Siapkan air hangat dan tambahkan satu sendok madu, kemudian aduk hingga tercampur. Ramuan tersebut bisa Anda berikan pada bayi menggunakan sendok atau botol. Madu campur air hangat bisa membantu memperlancar sistem pencernaan bayi.

Nah, demikian 5 cara yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi sembelit pada bayi. Jika kondisi si kecil tidak kunjung membaik maka segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This