5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Pada musim hujan ataupun kemarau, tingkat kelembaban udara berubah-ubah sehingga hal ini sangat rentan menyebabkan bakteri menginfeksi tubuh. Terlebih lagi jika sistem imun seseorang rendah maka hal ini akan membuat bakteri lebih mudah menyerang tubuh dan mengakibatkan gangguan tertentu. Salah satunya yaitu sakit tenggorokan. Terkadang banyak orang yang masih kebingungan mengenai cara mengatasi sakit tenggorokan sehingga memilih sembarang obat.

Sakit tenggorokan merupakan salah satu indikasi akan terjangkit flu. Biasanya hal ini lebih sering terjadi di musim penghujan karena kondisi udara yang lembab. Sakit tenggorokan tentunya akan membuat tidak nyaman ketika beraktivitas. Bahkan kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak enak untuk makan. Maka dari itu, segeralah melakukan penanganan dengan cara yang benar untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Berikut Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi sakit tenggorokan yaitu dengan menjaga asupan cairan untuk tubuh. Asupan cairan yang cukup akan membuat membrane mucus tetap lembab sehingga mampu menangkal infeksi bakteri penyebab alergen. Maka dari itu perbanyaklah minum ketika Anda merasa terkena gejala sakit tenggorokan sebelum kondisinya semakin parah.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat adalah salah satu solusi yang paling tepat bagi Anda dalam mengatasi sakit tenggorokan. Dengan beristirahat maka akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga mampu bekerja lebih baik untuk melawan bakteri penyebab radang tenggorokan. Hinari aktivitas yang menyebabkan Anda kelelahan dan luangkan waktu lebih banyak untuk istirahat.

  1. Ramuan Anti I Inflamasi

Pilihlah obat untuk mengatasi sakit tenggorokan seperti anti inflamasi. Namun hal ini tetap saja harus sesuai dengan saran dan arahan dari dokter. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan sebab beresiko terhadap gangguan kesehatan yang lainnya.

  1. Berkumur Dengan Air Garam

Hal ini mungkin terdengar kuno, akan tetapi Anda jangan menyepelekan khasiat air garam karena bisa membantu meredakan sakit pada tenggorokan. Garam memiliki khasiat sebagai antiseptic dan mampu membersihkan lendir di tenggorokan tempat tumbuhnya bakteri ataupun kuman penyebab sakit tenggorokan. Berkumurlah dengan air garam untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

  1. Antibiotik

Sakit tenggorokan secara umum dipicu oleh bakteri. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan yaitu mengkonsumsi antibiotik. Mintalah saran dokter untuk penggunaan antibiotik tersebut. Jangan sembarangan mengkonsumsi antibiotik tanpa petunjuk dokter sebab bisa beresiko terjadinya kondisi yang lebih buruk.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi sakit tenggorokan. Hindari makanan yang terlalu pedas ketika sakit tenggorokan karana bisa memicu iritasi yang lebih parah. Perbanyak air putih dan sempatkan waktu lebih banyak untuk beristirahat dalam upaya mempercepat pemulihan.

Related Posts

Share This