5 Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Menjalankan Ibadan puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang memang telah di perintahkan oleh Allah SWT bagi setiap umat Islam. Bahkan ibadah yang mulia ini merupakan salah satu dari rukun islam. Berpuasa ini sangat di anjurkan untuk di lakukan oleh seluruh umat Islam, pria atau wanita, anak-anak atau bahkan dewasa. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus melakukan cara mendidik anak untuk menjalankan Ibadan puasa.

Nah, kemuliaan dalam berpuasa di bulan Ramadhan ini menjadikan orangtua memiliki kewajiban untuk mendidik anak untuk menjalankan Ibadan berpuasa. Bahkan, di dalam Al-quran juga Hadist menunjukkan , bahwa orangtua memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya, melatih serta membiasakan diri si kecil untuk beribadah, termasuk dalam menjalankan ibadah berpuasa di bulan suci ini.

Akan tetapi, ketika akan mendidik si kecil untuk belajar berpuasa, ada hal yang harus Anda ketahui, bahwa belum ada kewajiban untuk si kecil menjalankan Ibadan puasa. Sehingga sebagai orangtua, tugas Anda hanya mendidik Anak untuk berpuasa bukan malah mewajibkan si ekcil untuk menjalankan ibadah puasa ini. Nah, berikut ini ada beberapa cara mendidik anak usia dini untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda sebagai orangtua bisa membagi tahapan puasa si kecil, sesuai dengan kondisi serta kemampuan si kecil. Misalkan tahapan pertama di mulai dari waktu subuh sampai waktu Zuhur. Setelah itu, ketika keadaan memungkinkan, Anda bisa meningkatkan porsi puasanya, yaitu dimulai dari subuh sampai azan ashar. Sampai si kecil mampu berpuasa sepenuhnya, yaitu dari subuh sampai magrib.
  2. Cara selanjutnya yaitu Anda bisa membuatkan mainan untuk mereka, serta mengajak si ekcil untuk bermain bersama, seperti halnya yang di kisahkan oleh kaum Anshar di Madinah saat puasa asy-Syura’.
  3. Bukan hanya itu, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu sebaiknya Anda sebagai orangtua bisa membantu si kecil untuk mencari beberapa kegiatan atau bahkan permainan yang sesuai dengan kondisi tubuh si kecil ketika berpuasa. Sebagai contoh, sebaiknya si kecil dicarikan permainan yang lokasinya berada di tempat yang cukup teduh, dan carikan waktu ketika hari menjelang sore yakni menjelang berbuka puasa.
  4. Anda juga di sarankan untuk memberikan pujian kepada si kecil ketika si kecil mulai mau untuk belajar berpuasa. Tunjukkan kalau Anda merasa sangat bangga memiliki anak yang walaupun masih kecil tapi mau untuk belajar puasa.
  5. Anda juga wajib memberi tahu mereka kalau Allah serta Rasul-rasul-Nya juga sangat senang kepada anak kecil yang mau belajar untuk berpuasa. Anda juga bisa memberi tahu mereka, bahwa dengan berpuasa mereka akan mendapatkan balasan dari Allah, yakni dibukakannya pintu surge.
  6. Selain itu, Anda juga bisa memberikan si kecil hadiah atau hal lainnya yang memiliki sifat yang mendidik serta bisa melupakan si kecil dari keinginannya untuk terus berbuka.
  7. Dan yang terakhir, Anda bisa melakukan buka bersama, dilakukan baik dengan keluarga atau bahkan di lingkungan sekitar, misalkan seperti di masjid.

Related Posts

Share This