5 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi yang Mandiri

Dalam kehidupan berkeluarga, setiap orangtua pastinya berharap kalau anak-anaknya bisa tumbuh menjadi anak-anak yang baik, menjadi kebanggaan orangtua, serta memiliki karakter atau bahkan sifat yang positif dalam segala hal, dengan begitu biasanya orangtua akan mencari cara mendidik anak.

Banyak diantaranya orangtua yang akan melakukan segala cara untuk membahagiakan anak-anaknya, dan mereka cenderung akan memberikan apa saja yang diinginkan oleh anak-anaknya, namun ternyata hal ini tidak selalu baik dalam cara mendidik anak yang baik. Banyak diantaranya anak yang memang dibiasakan untuk hidup dengan nyaman dan mereka cenderung tidak pernah terbiasa untuk menghadapi kesulitan dalam hidupnya, dan itu akan membuatnya menjadi pribadi yang manja serta tidak mau untuk mandiri.

cara mendidik anak yang baik

Sebagai orangtua yang baik yang memang menginginkan anak yang mandiri, maka Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam mengasuh anak, terutama di masa perkembangannya. Karena setiap didikan yang Anda berikan kepada anak bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupannya di masa depan. Dan Anda bisa memasukkan anak ke pendidikan anak usia dini guna mendidik si kecil sejak dini.

Berikut ini ada beberapa cara ampuh dalam mendidik anak dengan cara yang baik juga aman, agar anak tidak menjadi pribadi yang manja dan ia bisa tumbuh kembang menjadi anak yang mandiri, yaitu sebagai berikut:

  1. Jangan menuruti semua keinginan anak

Walaupun Anda sangat mencitnai buah hati Anda, namun menuruti semua apa yang diinginkan anak merupakan cara yang salah dalam mendidik anak. Karena tindakan ini hanya akan membuat anak Anda menjadi seorang anak yang manja, dan dia hanya akan mengandalkan orantua tanpa mau berusaha untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Anda harus membiasakan anak Anda untuk berusaha mengerjakan setiap tugas mereka sendiri, dan berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, agar mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab, terutama untuk dirinya sendiri.

  1. Jangan terlalu banyak melarang

Rasa keingintahuan anak terhadap dunianya sering kali membuat anak ingin mencoba untuk melakukan apa yang ingin mereka ketahui secara luas. Namun ketakutan orangtua terhadap apa yang akan di lakukan anak kerap membuat para orangtua melarang apa yang akan di lakukan oleh anak. Namun ingat, larangan dari orangtua hanya akan membuat rasa penasaran anak untuk melakukan suatu hal membuat anak menjadi berbohong. Dan solusi yang tepat yaitu adanya bentuk komunikasi dua arah antara orangtua dengan anak guna mengingatkan anak. Anda bisa memberitahu anak Anda tentang resiko yang mungkin saja terjadi, dan mintalah anak untuk berhati-hati dalam melakukan apapun yang akan mereka kerjakan.

  1. Ajar anak untuk tidak berbohong

Sebagai orangtua yang baik, jangan pernah Anda memberikan contoh kepada anak untuk berbohong. Namun Anda harus mengajari anak untuk terbuka terhadap keadaan dalam segala hal, baik hal yang menyangkut perasaan mereka, ataupun beberapa kendala yang mereka hadapi. Jangan pernah membiasakan anak untuk tertutup terkait perasaan yang mereka rasakan kepada Anda.

  1. Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan fisik

Mungkin Anda sebagai orangtua pernah merasakan kesal dan marah terhadap ulah buruk yang di lakukan oleh anak Anda, dan untuk membuatnya jera, kerap kali Anda menghukumnya dengan hukuman fisik, misalkan memukulnya. Namun hal tersebut bukanlah satu hal yang baik untuk Anda lakukan. Jika anak Anda melakukan kesalahan, sebaiknya Anda tidak menghukumnya dengan cara kekerasan, namun sebaiknya Anda memberi tahu dengan cara yang baik dan menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti mereka. Jika perlu, Anda bisa menerapkan sistem disiplin kepada anak.

  1. Kasih dan perhatian

Seorang anak akan merasa nyaman dan aman ketika orangtua mereka menunjukkan bentuk kasih saying juga perhatiannya kepada mereka, apalagi ketika anak membutuhkan bentuk perhatian dan kasih saying itu. Rasa peduli yang ditunjukkan orangtua dalam segala hal bisa membantu orangtua dalam mendidik anak.

Menjadi orangtua yang baik merupakan satu bentuk tugas juga tanggng jawab yang sangat mulia. Maka Anda harus bisa menjadi orangtua yang bisa di banggakan oleh anak-anak Anda. Anda harus bisa mendidik anak Anda dengan cara yang baik, maka anak Anda nantinya akan memberikan sukacita bagi Anda juga bagi keluarga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517