5 Cara Mendidik Agar Anak Cerdas

Banyak bunda yang bertanya, bagaimana cara membuat anak cerdas? Nah, maka dari itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara membuat anak cerdas yang bisa bunda ikuti, agar bunda memiliki anak yang cerdas, bersikap baik dan patuh.

Mendidik Anak

Memiliki anak cerdas, baik dalam bersikap, juga patuh merupakan impian banyak orang. Oleh karena itu, agar bisa memiliki anak yang sesuai kriteria yang disebutkan, maka sudah sepenuhnya tanggung jawab orangtua dalam mendidikan anak sedini mungkin. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar bisa menjadi anak yang cerdas juga anak pintar? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda dan ayah gunakan dalam mendidik anak agar menjadi anka yang cerdas yang sesuai dengan apa yang diinginkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Usia Dini

Pada umumnya, setiap orangtua memiliki perasaan khawatir yang berlebihan pada anaknya. Maka dari itu, agar anak bisa menjadi anakyang cerdas, jangan lagi bunda berlebihan untuk mengkhawatirkan si kecil. Bunda harus belajar untuk percaya kepada si kecil dengan apa yang mereka lakukan, namun bunda juga harus tetap bisa memantau setiap hal yang di lakukannya dari jauh, tanpa adanya kekangan dan melindungi kesalahan yang ia lakukan.

  1. Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak

Ketika anak bunda masih di usia anak-anak, mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika si kecil melihat sejumlah benda ataupun suatu hal yang belum pernah ia lihat, maka biasanya mereka akan bertanya. Dan sebagai orangtua yang baik, sebaiknya bunda mencoba untuk menjawab dan menjelaskan mengenai hal yang di tanyakan oleh si kecil, namun jika bunda tidak mengetahui hal tersebut, jangan sampai bunda mengatakan tidak tahu atau malah berbohong kepadanya.

  1. Ajarkan dan Tumbuhkan Kemampuan Berpendapat Anak

Banyak diantaranya orangtua yang acuh terhadap pendapat yang dikeluarkan oleh anak. Bahkan mereka terlalu beranggapan kalau pendapat yang diberikan anak tidaklah penting. Padahal, ketika bunda mengacuhkan pendapat si kecil, biasanya hal ini akan membuat si kecil menjadi anak yang minder dan tidak mau lagi mengeluarkan pendapat. Sebaiknya bunda belajar untuk menerima dan menghargai pendapat yang diberikan oleh si kecil, jika pendapatnya salah, maka bunda bisa mengkoreksinya dengan car ayang baik.

  1. Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Sosial, Bersimpati, Emapti, dll

Sebagai manusia, perasaan sosial, simpati, empati juga sikap yang baik sangatlah penting untuk di miliki. Agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang bisa menghargai orang lain, maka sebaiknya bunda bisa mengajarkan mereka untuk menghargai orang lain sejak dini. Ajarkan kepada si kecil untuk memberi kepada mereka yang membutuhkan, dan ajari mereka untuk tidak memiliki sifat sombong.

  1. Beri Tauladan Yang Baik, Jadilah Contoh

Kita sebagai orangtua, maka sikap juga prilaku kita pastinya menjadi contoh untuk anak-anak. Jika bunda mengingnkan anak yang bisa bersikap sopan, memiliki tutur kata yang baik, maka setidaknya kita juga harus senantiasa bersikap seperti itu, agar anak kita bisa mencontoh apa yang kita lakukan.

Related Posts

Share This