5 Cara Mencuci Baju Bayi yang Tepat

Memilih perlengkapan bayi memang terbilang gampang-gampang susah. Hal ini karena kulit bayi masih sensitif sehingga pemilihan kosmetik dan pakaian bayi harus dilakukan dengan benar. Ketika Anda membeli baju bayi maka perhatikan labelnya dan juga tatacara mencuci yang disarankan. Dalam hal ini Anda harus mengetahui cara mencuci baju bayi yang benar dan aman.

Pemilihan kain dan cara perawatan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk pemilihan baju bayi. Bahkan ketika mencuci baju bayi jangan sembarangan menggunakan deterjen karena beresiko terhadap iritasi kulit. Membilas baju bayi harus dilakukan sengan benar dan pastikan tidak ada detergen yang tertinggal pada baju.
Simak cara mencuci bayi yang tepat di bawah ini:

1. Perhatikan Bahan

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan mesin cuci, sebaiknya perhatikan jenis kain tersebut. Hal ini karena tidak semua bahan bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Perhatian dan tindakan perawatan sangat penting untuk menjaga kebersihan baju bayi.

2. Gunakan Deterjen Yang Sesuai

Penggunaan deterjen juga harus selektif dan jangan asal pakai saja karena bisa membahayakan kulit bayi. Perlu Anda ketahui bahwa kulit si kecil masih sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi. Pemilihan deterjen cair dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan deterjen bubuk karena lebih mudah untuk dibilas. Selain itu, resiko iritasi juga lebih rendah jika menggunakan deterjen cair.

3. Suhu Air

Baju si kecil bisa dicuci dengan suhu hangat hingga panas dengan kisaran suhu antara 30-40 derahat celcius. Namun apabila tidak memungkinkan maka bisa menggunakan air dengan suhu yang normal pada umumnya.

4. Pisahkan Popok Kain

Apabila Anda menggunakan popok kain untuk si kecil, maka sebaiknya hindari penggunaan deterjen yang mengandung bahan kimia keras. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan deterjen khusus dan air panas. Bilas popok dengan benar hingga tidak ada sisa ceterjen yang tertinggal.

5. Merendam Baju

Ketika Anda mendapati baju bayi terkena noda yang membandel maka bisa direndam beberapa saat. Namun sebaiknya gunakan deterjen atau penghilang noda yang aman. Jangan menggunakan penghilang noda yang tinggi kandungan kimia.

Ketika Anda membeli baju maka sebaiknya cuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah iritasi akibat bakteri yang menempel pada baju. Bahan dan kriteria kain yang digunakan untuk baju bayi memang berbeda dengan orang dewasa. Maka dari itu, perawatan dan cara mencucinya juga berbeda. Apabila kulit si kecil mengalami iritasi maka sebaiknya cari tahu penyebabnya dan segera berkonsultasi dengan dokter. Bisa saja akibat cara mencuci baju yang tidak benar atau penggunaan deterjen yang tidak tepat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This