5 Cara Membersihkan Kuku Secara Alami

Cara membersihkan kuku. Kuku merupakan salah satu bagian dari tubuh yang memang tumbuh di bagian ujung jari jemari kita. Kuku sendiri tumbuh dari sejumlah sel yang memang hampir mirip dengan gel lembut yang sudah mati, kemudian mengeras, lalu terbentuklah dan tumbuh dari ujung jadi. Bagian kulit ari yang ada di bagian pangkal kuku memiliki fungsi atau peranan sebagai pelindung dari kotoran. Dan fungsi utama dari kuku tersebut yaitu guna melindungi bagian ujung jadi yang memiliki tekstur lembut serta dipenuhi dengan urat syaraf, bahkan kuku juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya sentuh. Dan kuku ini merupakan bagian dari tulang bukan dari protein.

Pada bagian kulit yang berada di bawah kuku ada sejumlah pembuluh kipler yang mana memiliki suplay darah yang sangat kuat, sehingga menyebabkan warna dari kulit yang kemerah-merahan. Sama halnya dengan tulang juga gigi, kuku ini juga adalah salah satu bagian terkeras dari sejumlah bagian tubuh, karena kuku memiliki kandungan air yangsangat sedikit.

Dalam satu minggu, kuku ini tumbuh sekitar 0,5-1,5 mm, bahkan pertumbuhannya empat kali lebih cepat jika di bandingkan dengan kuku di bagian jari kaki. Dan pertumbuhan dari kuku juga dipengaruhi oleh adanya suhu panas dari dalam tubuh.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa melakukan perawatan kuku ini bisa Anda lakukan dnegan cara yang alami, bahkan tanpa harus mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak. Karena bahan-bahan untuk merawat kuku juga ternyata banyak tersedia di sekitar lingkungan kita.

Dan di bawah ini ada beberapa bahan alami yang memang bisa Anda gunakan untuk perawatan kuku Anda agar tetap sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh ini memiliki manfaat yang sangat efektif untuk membersihkan kotoran di bagian sela-sela kuku serta kulit bagian luar, sekaligus mampu membuat kuku menjadi kuat.

2. Perbanyak minum air putih

Salah satu langkah atau bahkan cara yang mudah yang bisa Anda lakukan guna merawat kuku Anda yaitu dengan minum air putih dalam jumlah yang banyak, dengan begitu kuku Anda akan lebih kuat. Perawatan ini merupakan perawatan yang Anda lakukan dari dalam.

3. Minum susu serta konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Anda sangat dianjurkan untuk rajin mengkonumsi makanan yang memang memiliki kandungan kalsium serta memperbanyak minum susu, karena susu dan sejumlah makanan yang mengandung kalsium ini mampu menguatkan bagian kuku Anda.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Bukan hanya bermanfaat dalam merawat rambut juga kulit, namun lidah buaya juga bermanfaat untuk merawat bagian kuku Anda.

5. Getah Pepaya

Getah papaya juga ternyata sangat bagus dan bermanfaat untuk membersihkan bagian kuku luar, agar si kuku tidak mudah pecah juga mengelupas dengan sendirinya.

Related Posts

Share This