5 Cara Memasak yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Memasak adalah salah satu proses untuk mengolah makanan sebelum dikonsumsi. Pada dasarnya memasak dengan sehat adalah salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Hanya saja banyak orang yang mengabaikannya sehingga memasak hanya sekedar mematangkan makanan saja. Cara memasak yang benar memang harus diterapkan supaya kandungan gizi pada makanan tidak rusak.

Teknik memasak yang tidak benar cenderung akan merusak kandungan gizi dari makanan tersebut. Bahkan yang diperoleh bukan manfaatnya, namun justru makanan yang diolah tersebut malah menimbulkan bahaya untuk kesehatan tubuh.

Membiasakan memasak dengan cara yang benar memang perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tubuh. Makanan bergizi yang diolah dengan cara yang tidak tepat akan menjadi tidak berguna bagi tubuh. Oleh karena itu, mulai saat ini lakukan pengolahan makanan dengan cara yang tepat. Berikut cara memasak yang benar supaya tidak merusak kandungan gizi makanan.

1. Memanggang

Mengolah makanan dengan cara dipanggang memang terbilang cukup sehat karena terhindar dari penggunaan minyak. Pada saat memanggang maka kelebihan lemak pada makanan akan hilang dan terbuang. Namun dalam proses ini sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan alat panggang dan lakukan proses pemanggangan dengan cara yang benar sehingga tidak merusak kandungan gizi makanan.

2. Merebus

Merebus juga tidak akan memerlukan minyak. Terlebih lagi ketika Anda merebus daging maka lemaknya akan lebih mudah untuk dihilangkan. Kuah sup yang dihasilkan dari metode perebusan ini akan menjaga kandungan gizinya dan citarasanya lebih nikmat.

3. Mengukus

Tingkat kematangan makanan yang dikukus lebih merata. Selain itu, rasa yang dihasilkan lebih enak dan kandungan nutrisinya tidak akan hilang. Metode mengukus sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet hidup sehat menghindari minyak.

4. Menumis

Dengan menumis makanan maka hanya akan membutuhkan sedikit lemak sehingga hal ini meminimalisir kelebihan lemak dan kolesterol. Menumis membutuhkan waktu yang sebentar sehingga hal ini akan menjaga kandungan gizi dari makanan tersebut. Metode menumis angat cocok untuk sayuran dan daging.

5. Memasak Dengan Panci Tekan

Memasak menggunakan panci tekan bisa memperpendek waktu memasak sehingga kandungan nutrisi dari makanan tidak akan hilang. Bahkan citarasa yang dihasilkan jauh lebih baik dan lebih enak.
Nah, demikian beberapa metode memasak yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Proses pengolahan makanan memang sangat menentukan kesehatan tubuh karena pada proses tersebut menentukan keutuhan kandungan gizinya.

Sekalipun makanan sehat, namun jika diolah dengan cara yang salah maka tidak akan berguna bagi tubuh karena justru kandungan gizinya sudah rusak. Maka dari itu perhatikan kebersihan dan cara pengolahan makanan yang benar supaya Anda memperoleh manfaatnya.

Related Posts

Share This