5 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar

Memiliki tubuh yang mulus merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang ada bekas luka yang dianggap mengganggu penampilan sehingga menyebabkan rasa percaya diri berkurang. Terutama bagi kaum wanita, kemulusan tubuh merupakan prioritas utama yang sangat penting untuk dijaga. Semua wanita menginginkan kulit yang bersih tanpa bekas luka sedikitpun. Akan tetapi proses melahirkan yang dilakukan dengan operasi terkadang meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Cara menghilangkan keloid bekas operasi

Pasca operasi biasanya ada bekas luka yang sulit untuk dihilangkan yang disebut dengan keloid. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan keloid? Menurut pengertian medis, keloid adalah jaringan ikat yang tumbuh secara berlebihan pada bekas luka sehingga terlihat menebal, menonjol dan melebar. Dengan kata lain bahwa keloid adalah bekas luka yang menebal. Keloid tidak berbahaya akan tetapi mungkin bagi sebagian wanita keloid mengganggu penampila mereka. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai cara menghilangkan keloid.

Beberapa Cara Yang Terbukti Ampuh Untuk Menghilangkan Keloid

Bekas operasi biasanya akan meninggalkan luka yang mengalami penebalan. Meskipun bekas luka tersebut tertutupi oleh baju, akan tetapi hal ini membuat sebagian wanita merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Berikut ini ada metode untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi caesar.

  1. Menyuntikan interferon

Interferon merupakan salahb satu jenis protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan zat asing seperti bakteri dan virus. Sebuah riset membuktikan bahwa penyuntikan interferon terbukti ampuh dalam mengatasi dan menghilangkan bekas luka yang mengalami penebalan (keloid). Menghilangkan keloid dengan cara ini harus dilakukan oleh dokter ahli supaya tidak membahayakan kesehatan.

  1. Menyuntikan cortisone

Cara menghilangkan keloid bekas operasi yang selanjutnya yaitu menggunakan metode penyuntikan cortisone. Metode ini merupakan salah satu cara yang paling aman serta tidak menimbulkan rasa sakit pada pasien. Biasanya dokter akan menyuntikan cortisone setiap satu bulan sekali sampai hasilnya benar-benar maksimal. Pada awal penyuntikan mungkin keloid akan terasa gatal dan menimbulkan ruam. Hal ini sebagai bentuk reaksi dari terbentuknya pembuluh darah yang berkurang pada luka tersebut. Hasilnya akan optimal apabila dilakukan secara rutin.

  1. Metode operasi

Metode untuk menghilangkan keloid yang satu ini terbilang sangat beresiko. Hal ini karena dengan memotong bekas luka (keloid) maka kemungkinan besar akan emnimbulkan luka baru yang jauh lebih besar. Oleh karena itu tindakan seperti ini harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan penanganan dokter ahli yang berpengalaman. Pada sebagian kasus, cara ini dinilai efektif ketika dokter menyuntikan steroid kedalam bekas luka bedah tersebut sehingga keloid hilang.

  1. Terapi laser

Terapi menghilangkan bekas luka dengan menggunakan laser memang terbilang sangat praktis dan efektif. Cara ini tidak memerlukan pembedahan dan tidak membahayakan pasien. Akan tetapi terapi ini memerlukan waktu dan biaya yang lumayan besar untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Menggunakan fluorouracil

Cara menghilangkan keloid bekas operasi caesar yang terakhir yaitu dengan pengobatan menggunakan fluorouracil. Obat ini berfungsi untuk mengatasi dan mematikan sel-sel keloid. Dalam proses penyuntikan obat ini bisa di campur dengan steroid ataupun hanya menggunakan fluorouracil saja.

Itulah beberapa cara menghilangkan keloid bekas operasi yang bisa Anda lakukan dengan berbagai pertimbangan dan penanganan medis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang merasa terganggu dengan luka bekas operasi yang tidak kunjung hilang.

Related Posts

Share This