5 Cara Efektif Untuk Menangani Penyakit Anemia Pada Anak

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit anemia hanya terjadi pada orang dewasa saja. Namun pada kenyataannya penyakit anemia juga bisa menyerang bayi dan anak-anak. Penyakit anemia pada umumnya terjadi akibat kekurangan zat besi. Bahkan anemia merupakan salah satu masalah defisiensi tersering yang mengancam anak-anak. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam mengatasi anemia pada anak.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), anemia merupakan salah satu penyakit yang bisa berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Kekurangan kadar zat besi dalam darah akan menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Penanganan anemia pada anak bisa dilakukan dengan cara sederhana. Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi terutama yang mengandung zat besi untuk mengembalikan sel darah merah.

Berikut Ini Cara Mencegah Anemia Pada Anak

  1. Memberikan asupan makanan yang mengandung zat besi

Cara mencegah anemia pada anak yang pertama yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang mengandung zat besi dan makanan yang menunjang penyerapan zat besi. Contoh jenis makanan yang menunjang penyerapan zat besi diantaranya yaitu brokoli, stroberi, jeruk dan tomat. Selain itu, berikan asupan makanan dengan kandungan zat besi yang lebih mudah untuk diserap oleh tubuh seperti daging atau ikan.

  1. Memberikan ASI secara ekslusif

Untuk mencegah penyakit anemia pada anak, sebaiknya Anda memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. Meskipun kandungan zat besi pada ASI rendah, namun tingkat penyerapan zat besi dari ASI sangat tinggi. Dengan memberikan ASI secara ekslusif maka si kecil akan terhindar dari penyakit anemia.

  1. Waktu yang tepat dalam memberikan makanan pendamping ASI

Makanan pendamping ASI untuk bayi hendaknya diberikan pada waktu yang tepat, yaitu ketika menginjak usia 6 bulan. Pilihlah makanan pendamping ASI (MPASI) yang mengandung zat besi seperti daging tanpa lemak dan kuning telur. Selain itu, berikan asupan makanan yang mengandung vitamin C untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi.

  1. Hindari makanan yang menghambat penyerapan zat besi

Selain memberikan asupan sumber makanan yang mengandung zat besi , Anda juga harus mengetahui makanan yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Hindari makanan yang mengandung polifenol seperti paprika, teh, kunyit dan makanan yang mengandung asam fitrat seperti kacang-kacangan dan gandum.

  1. Pemeriksaan dokter

Jika si kecil menunjukan tanda dan gejala penyakit anemia, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Dengan begitu Anda akan mengetahui secara pasti gejala tersebut sehingga bisa melakukan penanganan dengan tepat.

Demikian cara mencegah dan memberikan penanganan anemia pada anak yang bisa Anda lakukan. Selain itu, mulailah untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat pada anak, terutama kebersihan makanan. Dalam hal ini kebersihan makanan sangat penting untuk mencegah infeksi cacing parasit yang bisa mengakibatkan si kecil kekurangan darah (anemia).

Related Posts

Share This