5 Cara Cermat Memilih Susu Formula Untuk Anak

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa cara cermat dalam memilih susu formula yang tepat untuk anak. ASI atau Air Susu Ibu merupakan salah satu susu yang baik untuk asupan nutrisi si kecil. Dengan Anda memberikan ASI eksklusif kepada si kecil, maka anak akan memperoleh nutrisi terbaik yang bisa membantu dalam proses perkembangannya. ASI memang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada si kecil sejak usianya 0 sampai minimal usianya 6 bulan, dan setelah itu Anda bisa memperkenalkannya kepada MPASI atau bahkan susu tambahan seperti susu formula.

Untuk saat ini, banyak beredar susu formula di pasaran. Dan terkadang hal tersebut akan membuat Anda bingung dalam memilih susu formula terbaik yang cocok untuk di berikan kepada si kecil. Namun Anda jangan kelewat bingung, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna menentukan susu formula yang tepat untuk diberikan kepada si kecil sebagai susu tambahan.

Berikut ini 5 cara cermat memilih susu formula terbaik untuk bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih yang mengandung zat besi

Zat besi (Fe) adalah salah satu jenis mineral yang sangatlah penting yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil ketika ia masih berada di dalam kandungan. Zat besi ini sangat dibutuhkan oleh si kecil sejak ia masih berada di dalam kandungan sampai ia lahir guna membantu proses pembentukan Hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kedalam otak. Di usia anak-anak, zat besi ini bisa menjamin sepenuhnya asupan oksigen ke dalam darah yang memang juga bisa memastikan si kecil selalu berenergi serta penuh konsentrasi.

  1. Utamakan gizinya

Ketika Anda memilih susu formula untuk si kecil, maka Anda harus mengutamakan gizi yang terkandung di dalamnya bukan mengutamakan merek atau bahkan harga susu tersebut. Satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa susu formula yang memiliki harga yang mahal belum tentu memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada Anda untuk melihat table nutrisi terlebih dahulu sebelum Anda memilih susu fomula untuk si kecil.

  1. Sesuaikan dengan usianya

Anda harus memastikan kalau Anda memilih susu formula yang sesuai dengan usia anak. Jika Anda tidak melakukan hal ini, maka dipastikan akan terjadi masalah dalam sistem pencernaan si kecil.

  1. Lihat tanggal kadaluwarsanya

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam memilih susu formula untuk anak yaitu melihat tanggal kadaluarsa dari susu yang akan Anda beli. Anda harus menghindari untuk membeli susu formula yang memang tanggal kadaluarsanya sudah dekat.

  1. Lihat kemasannya

Anda dianjurkan untuk membeli susu formula yang memiliki kemasan yang masih baik. Jika keadaan kemasan atau bahkan segel dalam keadaan yang rusak, maka susu yang ada di dalam kemasan tersebut tidak terjamin kualitasnya.

Dan itulah beberapa cara dalam memilih susu formula untuk si kecil sebagai susu tambahannya. Jika si kecil mengalami muntah, diare atau bahkan tidak bisa BAB selama ia mengkonsumsi susu tersebut, maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter guna mengetahui dengan jelas susu formula seperti apa yang cocok untuk Anda berikan kepada si kecil.

Related Posts

Share This