5 Cara Ampuh Mencegah Leukimia

Leukimia atau bisa juga di sebut dengan kanker daerah yaitu salah satu jenis penyakit kanker yang mana menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Jenia penyakit ini sangatlah berbahaya, bahkan sampai saat ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang, karena penyakit ini juga merupakan penyakit yang mematikan.

Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa mencegah penyakit kanker darah ini? Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mencegah kanker darah atau leukimia, yaitu sebagai berikut:

1. Olahraga yang Teratur

Dengan olahraga yang teratur, maka bisa membuat keadaan tubuh kita menjadi jauh lebih sehat. Menurut American Cancer Society (ACS), dengan kita melakukan olahraga secara teratur, maka bisa menurunkan resiko penyakit kanker. Bahkan, ACS juga merekomendasikan, agar kita bisa berolahraga minimal 30 menit dalam satu hari, dan Anda bisa melakukannya 5 kali dalam satu minggu.

2. Diet

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan, bahwa diet sehat juga bisa membantu Anda dalam mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh, termasuk sel kanker darah. Anda bisa melakukan diet sehat, seperti mengkonsumsi biji-bijian, buah-buhan, sayur-sayuran serta mengurangi asupan lemak.

Selain itu, Anda juga harus menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji, karena hal ini juga bisa meningkatkan resiko munculnya sel kanker pada tubuh Anda. Mengapa demikian? Karena makanan cepat saji ini merupakan salah satu jenis makanan yang memang menjadi pemicu munculnya sel kanker.

3. Menghindari Rokok dan alkohol

Bukan hanya olahraga dan diet, namun Anda juga harus menghindari mengkonsumsi alkohol dan menjauhi rokok, baik sebagai produk aktif atau bahkan pasif. Karena rokok ini merupakan salah satu penyebab munculnya kanker. Bahkan, alkohol pun sama bahayanya dnegan rokok. Ketika ANda banyak mengkonsumsi alkohol, maka sel kanker darah atau leukimia bisa dengan mudah menyebar pada tubuh Anda.

4. Menghindari Zat Karsinogenik

Anda juga dianjurkan untuk menghindari zat karsinogenik, karena zat ini juga merupakan zat yang bisa memicu munculnya sel kanker. Zat ini bisa di hasilkan dari makanan yang diproses melalui di goreng, ditumis atau bahkan di bakar. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengolah makanan dengan cara di kukus atau bahkan di rebus guna menghindari penyakit kanker darah atau leukimia.

5. Deteksi Dini

Guna mencegah terjadinya kanker darah atau leukimia, Anda juga harus melakukan deteksi dini. Hal ini patut dilakukan guna mencegah munculnya sel kanker lebih cepat. Karena jika sel kanker tidak Anda deteksi, apalagi Anda membiarkannya, maka bisa berakibat sangat fatal, bahkan bisa menghilangkan nyawa Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna mencegah munculnya sel kanker darah atau leukimia.Penting untuk Anda ketahui, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu, segahlah sedini mungkin sebelum semuanya terlambat.

Related Posts

Share This