5 Cara Ampuh Atasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Terjadinya kaki bengkak pada ibu hamil merupakan satu hal yang lumrah terjadi di masa kehamilan. Hal ini dikarenakan pada masa kehamilan, keadaan tubuh tengah memproduksi lebih banyak cairan, dan prosesnya berlangsung jauh lebih banyak dari biasanya, maka dari itu, keadaan kaki pada ibu hamil cenderung mengalami pembengkakan.

Hal ini juga dikarenakan keadaan rahim yang semakin semakin membesar, yang memang bisa memberikan tekanan terhadap pembuluh darah dan bisa menyebabkan kaki bengkak.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena masalah ini akan hilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Namun pembengkakan ini pastinya akan mengganggu masa kehamilan Anda. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Kompres Air Dingin

Cara pertama untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil yaitu dengan menggunakan air dingin. Kompreslah bagian kaki yang bengkak dengan menggunakan air dingin, dan cara ini akan membantu Anda untuk melancarkan peredaran darah di bagian kaki. Dan ketika itu, secara perlahan pembengkakanpun akan segera pulih.

  1. Olahraga Ringan

Ketika kaki membengkak, maka Anda bisa melakukan beberapa gerakan olahraga yang ringan yang khusus untuk ibu hamil. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah juga bisa melenturkan bagian-bagian tubuh Anda.

Bukan hanya itu, berolahraga juga bisa Anda lakukan dengan berenang. Karena berenang juga bisa membuat keadaan kaki Anda terus bergerak serta mengapung di atas air, sehingga pembengkakan pada kaki bisa terus berkurang dengan sendirinya.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Penting untuk di ketahui, bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh juga memiliki kandungan mineral yang banyak yang memang di butuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, maka bisa membantu tubuh memperoleh asupan cairan yang banyak serta bisa mengurangi pembengkakan di bagian kaki.

  1. Pijat

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kaki Anda dengan cara memijat di bagian kaki. Anda harus mematsikan kalau Anda datang ke tempat pijat yang professional serta khusus untuk ibu hamil.

  1. Posisi Tidur

Ketika Anda mengalami bengkak di bagian kaki ketika Anda hamil, maka sebaiknya Anda mengambil posisi tidur dengan miring ke bagian kiri. Karena jika Anda miring ke bagian kanan, maka bisa menghambat aliran pembuluh darah ke jantung. Bahkan Anda juga bisa menyanggah kaki Anda dengan menggunakan bantal atau bahkan guling guna memperlancar aliran darah Anda.

Itulah beberapa cara ampuh guna mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Semoga cara yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Semoga berhasil!

Related Posts

Share This