5 Cara Aman Memperbaiki Bayi Sungsang 8 Bulan

Melahirkan dengan cara yang normal merupakan salah satu hal yang paling di inginkan oleh ibu hamil. Namun terkadang ada beberapa hal yang mengharuskan seorang ibu melakukan operasi caesar ketika proses persalinan, salah satunya yaitu bayi sungsang 8 bulan.

Dan salah satu hal yang menyebabkan posisi bayi sungsang 8 bulan yaitu, keadaan kaki bayi yang masih berada di bawah dan kepala masih berada di atas ketika proses persalinan semakin dekat.

Posisi bayi sungsang 8 bulan memiliki resiko yang cukup besar kekurangan oksigen yang masuk kedalam otak selama proses persalinan. Namun bukan hanya itu, posisi sungsang yang di alami bayi juga bisa memicu adanya disleksia pada anak di masa-masa ia belajar.

Namun Anda jangan keburu panik ketika posisi bayi dalam kandungan usia 8 bulan masih sungsang. Karena ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar posisi bayi yang ada di dalam kandungan tidak mengalami sungsang ketika proses persalinan tiba, apa sajakah itu? Yuk simak ulasannya:

  1. Menungging atau posisi bersujud

Latihan ini bisa Anda lakukan di minggu ke-30 sampai minggu ke-37 masa kehamilan. Karena posisi ini juga dipercaya mampu membantu janin yang ada di dalam kandungan untuk kembali ke posisi normal. Anda bisa melakukan hal ini dua kali dalam satu hari dengan durasi selama 5-15 menit.

  1. Posisi forward-leaning inversion

Anda juga bisa melakukan cara ini guna mengembalikan posisi normal janin. Posisi telungkup, dengan kedua kaki berada di atas sofa dan lengan berada di bagian bawah sofa. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 3-4 kali dalam satu hari.

  1. Berenang

Berenang merupakan salah satu cara yang banyak di rekomendasikan untuk berolahraga, hal ini agar keadaan tubuh ibu tetap terjaga dengan bugar selama kehamilan. Dan nyatanya, manfaat air tidak hanya memberikan pengaruh terhadap kebugaran, namun juga bisa mengendurkan bagian otot perut, sehingga posisi janin yang sungsang bisa berbalik ke posisi normal.

  1. Breech Tilt

Anda bisa menyimpan 3-4 bantal di bagian bawah bokong, setelah itu kepala dan leher menyentuh lantai. Anda bisa melakukan posisi ini tiga kali dalam satu hari, masing-masing berdurasi selama 15 menit ketika perut tidak dalam keadaan kenyang.

  1. Putar lagu di bagian perut bawah

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa melakukan cara yang satu ini. Yaitu meletakkan earphone yang tengah memutarkan lagu di bagian bawah perut, hal ini mampu merangsang bayi untuk memutar posisinya yang sungsang ke posisi yang kembali normal. Selain cara ini, Anda juga bisa meminta pasangan Anda untuk berbicara kepada janin yang ada di dalam kandungan tepat di bagian bawah perut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517