5 Cara Aman dan Benar Menjemur Bayi

Hai bunda! Selamat ya atas kelahiran buah hatinya. Bunda, umumnya bayi yang baru lahir akan di jemur di bawah sinar matahari, dan penting untuk Anda mengetahui cara menjemur bayi yang tepat dan aman.

Bukan hanya memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh bayi, namun sinar matahari yang di dapat bayi juga memiliki manfata untuk mengurangi kadar bilirubin yang memang bisa menyebabkan kecenderungan si bayi menjadi berwarna kuning. Maka dari itu, penting bagi Anda menjemur bayi di pagi hari.

Namun sangat di sayangkan, masih banyak bunda yang belum mengetahui cara menjemur bayi yang benar, padahal hal tersebut merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini ada beberapa cara dalam menjemur bayi yang baru lahir, yaitu sebagai berikut:

  1. Seluruh tubuh terpapar sinar matahari

Anda harus menjemur bayi dalam keadaan telanjang dada atau hanya menggunakan celana atau bahkan popok, dan ketika itu bolak-balikkan tubuhnya. Dengan begitu, bukan hanya bagian dada saja yang tersorot sinar matahari, namun juga bagian punggung si kecil. ANda harus mengusahakan agar keadaan mata si kecil membelakangi matahari, dengan tujuan untuk menghindari resiko kerusakan lenca mata bayi.

  1. Tidak harus di ruang terbuka

Tempat atau lokasi untuk menjemur bayi tidak harus di tempat yang terbuka dengan paparan sinar matahari secara langsung. Namun Anda juga bisa memilih tempat yang agak terlindungi namun tetap bisa diterobos oleh sinar matahari, dan itu juga sudah lebih baik. Menjemur bayi juga bisa Anda lakukan di ruangan yang berkaca bening.

  1. Memijat bayi

Anda bisa memanfaatkan momen menjemur bayi ini untuk melakukan pemijatan bayi dengan menggunakan babiy oil. Karena baby oil ini juga bisa melindungi kulit bayi agar tetap lembab dan tidak mongering ketika berjemur. Bahkan momen ini bisa membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks.

  1. Membersihkan bagian tubuh

Umumnya menjemur bayi akan di lakukan di jam 7-8 pagi sebelum si kecil di mandikan. Ketika itu Anda bisa membersihkan bagian tubuh bayi yang memang sering Anda lewatkan, misalkan seperti daun telinga, paha, bahkan tangan si kecil dengan menggunakan kapas yang telah di tetesi dengan baby oil. Dan setelah selesai, Anda segera mandikan si kecil.

  1. Jangan terlalu panas

Walaupun waktunya yang tepat, namun jika sinar matahari bersinar dengan sangat terik, maka Anda harus mengakhiri waktu berjemur. Karena jika si kecil terlalu lama di jemur, maka si kecil bisa mengalami hipertemia atau peningkatan suhu badan. Kondisi ini juga bisa mengganggu fungsi metabolisme tubuh si kecil, otak, atau bahkan beberapa organ lainnya. Dan suhu normal bayi antara 36,5-37,5 derajat celcius.

Ingat, bayi yang baru lahir akan sangat sensitive terhadap hal-hal yang baru baginya. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua juga harus selalu menjaga serta mengawasi bayi ketika mereka berjemur.

Related Posts

Share This