5 Cara Alami Untuk Mengobati Sariawan Pada Ibu Hamil

Perubahan hormonal menjadi salah satu penyebab timbulnya keluhan pada ibu hamil. Kondisi tersebut terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman sehingga hal ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa berdampak terhadap kesehatan. Salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu sariawan. Walaupun tidak begitu membahayakan, akan tetapi sariawan pada ibu hamil tidak boleh dianggap sepele dan harus segera ditangani.

Sariawan bisa menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan sehingga hal ini beresiko terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Oleh karena itu, kondisi tersebut harus segera ditangani dengan cara yang benar. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips dan informasi mengenai obat sariawan untuk ibu hamil dengan ramuan herbal. Berikut penjelasannya!

  1. Pisang dan madu

Kombinasi antara buah pisang dan madu bisa menjadi salah satu alternatif obat sariawan ibu hamil. Pisang mengandung vitamin dan mineral tinggi yang berguna untuk mengobati luka akibat sariawan. Selain itu, madu memiliki khasiat sebagai anti peradangan yang mampu menyembuhkan iritasi pada kulit bagian dalam. Untuk membuat ramuan pisang madu caranya yaitu haluskan buah pisang kemudian campurkan madu dan aduk hingga rata. Lalu oleskan ke area bibir yang terkena sariawan.

  1. Air kelapa

Penyebab utama sariawan biasanya akibat panas dalam. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi air kelapa. Menurut ahli kesehatan mengemukakan bahwa air kelapa mampu meredakan panas dalam dan mengatasi peradangan. Selain itu, air kelapa sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Air kelapa bermanfaat sebagai elektrolit alami untuk tubuh.

  1. Buah jeruk
Baca Juga:  Darah Tinggi Pada Kehamilan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk sangat ampuh untuk mengatasi sariawan. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan membantu mengatasi keluhan seputar kehamilan.

  1. Daun jambu biji

Kebanyakan orang mengenal khasiat daun jambu biji sebagai obat untuk mengatasi diare. Namun tahukah Anda bahwa daun jambu biji memiliki khasiat dalam mengatasi sariawan pada ibu hamil. Caranya sangat mudah dan praktis yaitu cukup dikunyah dan tempelkan pada bagian yang terkena sariawan.

  1. Yoghurt

Mungkin kebanyakan orang mengenal yoghurt sebagai minuman probiotik untuk kesehatan sistem pencernaan. Namun yoghurt ternyata ampuh dalam mengatasi sariawan dan membunuh bakteri jahat yang menyebabkan peradangan.

Nah, itulah beberapa ramuan alami untuk mengatasi sariawan. Hindari penggunaan obat-obatan yang mengandung kimia pada waktu hamil karena bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Jika sariawan tidak kunjung membaik dalam kurun waktu seminggu, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517