5 Cara Alami Mengatasi kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan

Mengatasi kaki bengkak saat hamil 8 bulan. Kehamilan merupakan salah satu proses yang cukup panjang yang patsinya akan dialami oleh hampir semua kaum wanita, yang mana selama proses panjang ini sangat membutuhkan perjuangan yang ekstra. Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, maka umumnya ia akan mengalami yang namanya perubahan terhadap bentuk tubuh, yang mana perubahan tersebut terjadi secara drastis yang umumnya dialami oleh para ibu hamil. Bukan hanya itu, beberapa keluhan juga akan Anda alami di masa kehamilan ini, diantaranya seperti mual yang disertai dengan muntah, mudah merasa lelah, dan yang paling sering dialami oleh ibu hamil yaitu terjadinya pembengkakan pada kaki.

Kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil ini merupakan salah satu keluhan saat hamil 8 bulan yang umumnya terjadi karena adanya pertambahan berat badan yang terjadi secara drastis yang memang ditopang oleh kaki yang selama ini hanya menahan berat badan yang normal. Dan kaki bengkak selama hamil ini juga disebabkan karena kondisi tubuh Anda yang mengalami penyumbatan cairan di beberapa bagian tubuh, serta kondisi pembuluh darah balik yang mana tersumbat oleh pelebaran rahim.

Umumnya para ibu hamil akan mengalami kaki bengkak ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Mengapa? Hal ini dikarenakan bobot badan ibu hamil yang semakin membesar. Meskipun kondisi ini terbilang biasa dan wajar, tentu saja kaki bengkak bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman bagi Anda jika terus dibiarkan. Maka dari itu, Anda sangat membutuhkan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 8 bulan, yaitu sebagai berikut:

1. Kurangi garam

Jika kaki Anda mulai mengalami perubahan atau mulai membengkak, maka sebaiknya Anda bisa mengurangi asupan garam, yakni dengan membatasi mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan garam yang berlebih. Mengapa? Karena garam memiliki sifat mudah menyerap cairan serta bisa mengakibatkan kaki Anda menjadi bengkak.

2. Kurangi berdiri terlalu lama

Ternyata, penyebab lain dari kaki bengkak saat hamil 8 bulan yaitu berdisi dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, jika Anda terpaksa untuk berdiri dalam waktu yang lama, maka sebaiknya Anda bisa berjalan sebentar untuk menghindari pembengkakan yang terjadi pada kaki. Karena dengan Anda berjalan, maka bisa memperlancar sirkulasi di sekitar kaki.

3. Duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung

Ketika Anda tengah berada dalam posisi duduk, maka Anda dianjurkan untuk memposisikan bagian kaki lebih tinggi dari posisi jantung Anda. Karena posisi ini bisa memperlancar peredaran darah Anda. Bukan hanya ketika duduk, bahkan ketika Anda tidur, Anda bisa menaruh bantal atau sejenis apapun itu sebagia pengganjal, yang disimpan di bawah kaki untuk menyangga kaki, agar posisi kaki lebih tinggi dari posisi kepala Anda.

4. Perbanyak minum air putih

Ketika Anda berada di masa kehamilan terutama di usia hamil tua, Anda sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Karena hal ini juga sangat membantu Anda agar tidak mengalami kaki bengkak yang terlalu parah. Bahkan, mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa mengurangi beberapa keluhan yang sering Anda alami selama menjalankan masa kehamilan.

5. Olahraga teratur

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga. Karena meskipun Anda tengah berolahraga, Anda masih bisa untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan ini. Anda harus memastikan kalau Anda melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Dalam memilih olahraga, Anda dianjurkan untuk memilih jenis olahraga yang ringan saja, yang baik dilakukan oleh ibu hamil, seperti senam, jalan santai, yoga atau bahkan renang. Bukan hanya mengurangi resiko terjadinya pembengkakan kaki, namun dengan olahraga, Anda juga bisa mengatasi beberapa keluhan serta memperlancar proses persalinan kelak.

Related Posts

Share This